ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
08 Juni 2012, 14:06

ITS Prihatinkan Dominasi Tenaga Kerja Asing

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Bisa-bisa nantinya kita menjadi warga negara kedua di negara kita sendiri, karena itu ITS harus menjadi universitas bereputasi internasional untuk menghasilkan SDM berkualitas internasional," katanya di kampus setempat, Kamis.

Di sela-sela sosialisasi persiapan "internasionalisasi" ITS itu, ia berharap di tahun ketiga kepemimpinannya di IO IT akan bisa mengantarkan ITS sebagai universitas terdepan di kawasan Asia Pasifik.

"Dengan begitu, Indonesia takkan lagi didominasi oleh tenaga kerja asing di masa globalisasi mendatang," kata dosen Jurusan Teknik Industri ITS itu.

Di hadapan sejumlah pimpinan unit, fakultas, hingga jurusan di lingkungan ITS, ia menyebut minimnya promosi ITS ke tingkat internasional.

"Hal itu berpengaruh pada masih minimnya jumlah mahasiswa asing maupun kerja sama tingkat internasional di ITS. Kita masih tertinggal jauh bila dibandingkan dengan ITB, UGM atau pun UI," katanya.

Namun, promosi ke tingkat internasional itu harus diawali dengan meningkatkan kemampuan bahasa atau pun perbaikan sarana dab prasarana yang ada.

"Secara internal, kita harus siap lebih dulu sebelum kita bisa menerima tamu dari luar, termasuk mahasiswa asing yang ingin belajar di ITS," katanya.

Dalam waktu yang sama, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya meluncurkan "TV Fikom Unitomo" di Pelataran Gedung A Rektorat setempat.

"TV lokal di kampus itu akan menjadi sarana praktikum mahasiswa, sarana komunikasi antar-sivitas akademika Unitomo, dan sarana transfer ilmu pengetahuan secara tutorial dan umum," kata Dekan Fikom Unitomo, Drs Sanhari Prawiradiredja MSi.

Didampingi Kabid Humas Unitomo, Agustiawan Djoko Baruno SE MM, ia menjelaskan TV Fikom Unitomo itu akan melengkapi Laboratorium Multi media dan Radio yang sudah ada.(*)

Berita Terkait