ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
16 Juni 2012, 10:06

ITS Rajai Jumlah PKM ke PIMNAS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Dengan lebih banyaknya PKM yang lolos ke Pimnas tahun ini, kita harapkan juga bisa mendukung perolehan emas lebih banyak lagi dan mampu merebut juara umum nantinya," tutur Dr Ir Bambang Sampurno MT dalam konferensi pers di ruang Media Center Gedung Rektorat ITS, Jum’at (15/6).

Menurut pria yang menjabat Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni ITS ini, terdapat 41 karya PKM dari ITS yang berhak maju ke ajang kompetisi tahunan tingkat nasional tersebut.

Mereka menggelar karya-karya terbaiknya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), 9-13 Juli 2012. Karya-karya tersebut terdiri dari beberapa kategori. Yakni PKM bidang teknologi (PKM-T) sebanyak 7 karya, PKM kewirausahaan (PKM-K) 7 karya, PKM penelitian (PKM-P) 3 karya, PKM pengabdian masyarakat (PKM-M) 5 karya, PKM karsa cipta (PKM-KC) 16 karya, dan PKM gagasan tertulis (PKM-GT) sebanyak 3 karya.

Ke-41 karya tersebut berasal dari 591 judul karya PKM ITS yang berhasil didanai Dikti. Setelah sebelumnya dilakukan monev oleh Dikti untuk melihat sejauhmana penerapan penggunaan dana dari proposal yang telah diajukan dan kekompakan dari masing-masing tim dalam melaksanakan programnya.

Jumlah PKM yang lolos tahun ini merupakan yang terbanyak secara nasional, disusul oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 31 karya dan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebanyak 27 karya. Sebelumnya, kedua institusi pendidikan tersebut yang selalu mendominasi peringkat terbanyak nasional dalam meloloskan karyanya ke Pimnas.

Tahun lalu, ITS hanya mampu meloloskan 32 karya dari 298 PKM yang didanai Dikti. Dari jumlah tersebut, ITS berhasil meraih tiga emas di ajang Pimnas 2011 yang dihelat di Universitas Hassanuddin (Unhas) Makassar. Sehingga ITS menempati posisi runner up di bawah UGM yang meraih tujuh emas. (Benny/ADR/WDA)

Berita Terkait