ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
22 Juni 2012, 11:06

Kenalan dengan Kampus Sejak Dini

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berbeda dengan kunjungan sekolah yang biasanya mengirimkan siswa-siswi tahun terakhirnya, SMK asal Tanah Garam ini justru mengirimkan murid-murid mereka dari tahun pertama dan kedua. ”Kami sengaja memilih ITS supaya mereka terarah sejak awal. Selain itu, ada salah satu jurusan di ITS yang sama dengan jurusan di sekolahnya, yaitu Jurusan Informatika,” ujar salah satu guru pendamping, Fauzi, seperti dinukil dari ITS Online, Kamis (21/6/2012).

Selain diperkenalkan secara keseluruhan tentang ITS, peserta juga diajak berkeliling melihat beberapa fasilitas di ITS. Rasa ingin tahu yang tinggi tentang kampus perjuangan tampak lekat dari 70 siswa-siswi SMK yang sedang berkunjung ke ITS tersebut. Bahkan, begitu memasuki gedung Rektorat, miniatur Master Plan ITS yang terpajang di depan tangga berhasil mencuri perhatian mereka. ”Saya ingin sekali sekolah di sini,” tutur salah satu pelajar SMK Siding Puri Poreh Lenteng, Siti Halima.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS Agus Zainal Arifin. Bahkan, Agus pun menjadi juru bicara dalam kunjungan singkat ini. Secara detail, Agus memberi penjelasan soal ITS, lengkap dengan jurusan yang ada di ITS.

Melihat background mereka yang akrab dengan bidang informatika terapan, membuat Agus memberi pengantar tentang pemrograman. Selain itu, Agus juga membekali mereka dengan 23 poin faktor pendukung mahasiswa yang ia namai Softskills Dominant, di antaranya memuat penjelasan tentang inisiatif dan etika dalam menjadi mahasiswa yang baik.

Usai mendapat wejangan pria lulusan Hiroshima University ini, siswa-siswi tersebut diajak berkeliling melihat langsung fasilitas ITS. Tidak tanggung-tanggung, mereka diajak ke tempat yang kental dengan teknologi informasi, yaitu Laboratorium Pemprograman dan Laboratorium E-Bisnis di Jurusan Sistem Informasi.

Didampingi oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS, mereka terlihat antusias menikmati perjalanannya. ”Semoga kegiatan ini membantu mereka dalam mengenali ITS lebih jauh,” imbuh Yogantara S Dharmawan selaku perwakilan BEM FTIf.(mrg)(rhs)

Berita Terkait