ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
23 Juni 2012, 12:06

ITS lanjutkan Gugur Gunung, lindungi 79 jenis burung

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara ini menandai pelaksanaan G2.3 yang fokus pada pelestarian keanekaragaman hayati, terutama keberadaan burung-burung eksotik di ITS.

”Kita bukan hanya melepaskan burung – burung ini, tapi juga akan memberi mereka makan,” jelas Tri Yogi.
G2.1 dan G2.2 telah berupaya menanamkan pola pikir peduli lingkungan terhadap mahasiswa. Kali ini G2.3 melangkah lebih jauh yaitu mengenai pelestarian lingkungan.

Ketua pelaksana G2.3, Tatas ST MT, dosen Jurusan D3 Teknik Sipil ITS, mengatakan jumlah spesies burung di ITS sekitar 79 jenis. Beberapa diantaranya termasuk kategori burung yang belum dilindungi dan sudah hampir punah. Untuk itu, pihaknya menaruh beberapa bird feeder di titik – titik tertentu di seluruh kawasan ITS.

Agar komunitas burung tersebut betah hidup di ITS, kebutuhan tempat tinggal mereka juga harus dipenuhi. Oleh sebab itu, pihaknya merencanakan untuk menumbuhkan hutan Matoa di kawasan ITS. Untuk sementara, hutan Matoa akan berada di depan gedung LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) saja.

Untuk menjamin kelangsungan hidup burung – burung tersebut, Panitia G2.3 telah memperbanyak papan larangan menembak, menempel poster – poster bertema lingkungan, dan memperketat pengamanan dengan bantuan Satuan Keamanan Kampus (SKK).

Jika program – program tersebut berjalan baik, manfaat keberadaan burung di ITS akan sangat terasa. Kampus bisa menjadi media ideal untuk kegiatan bird watching, pembelajaran mahasiswa dan menjadi objek fotografi.

“Penting bagi seluruh mahasiswa ITS untuk peduli terhadap burung – burung itu. Kita punya tanggung jawab untuk merawat burung – burung itu. Paling tidak, seluruh sivitas akademik tidak mengusiknya,” ujar Tatas. (natalia)

Berita Terkait