ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
10 Juli 2012, 08:07

ITS Wakili Asia Pasifik Ikuti kompetisi Atlantic Challenge International

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tim yang terdiri dari 20 mahasiswa ini dilepas secara resmi oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA, Selasa (10/7).Pada upacara pelepasan yang dihelat di Gedung Rektorat ITS ini, juga dihadiri para orang tua mahasiswa yang tergabung dalam tim sebagai bentuk dukungan dari keluarga.

Koordinator Tim ITS Atlantic Challenge 2012, Rikki Styadi, mengatakan bahwa keikutsertaan ITS Maritime Challenge di ajang bertaraf internasional ini merupakan kali keenam sejak tahun 2002.

“Kami siap untuk mengukir prestasi lagi di ajang ini. Meski kami kalah fisik dengan lawan-lawan yang berasal dari Eropa dan Amerika, tapi kami punya mental yang kuat,” tandas Rikki. Apalagi saat bertanding nanti, sudah memasuki bulan Ramadhan, sehingga mayoritas tim tentunya akan berpuasa saat bertanding.

Ajang dua tahunan ini merupakan kompetisi kemaritiman yang menampilkan keterampilan-keterampilan dasar seseorang untuk hidup di laut. Ada 13 kategori lomba yang dipertandingkan. Antara lain L’esprit (lomba dengan kombinasi dayung dan layar, di mana kru dari kapal peserta satu akan dicampur dengan kru kapal peserta lain), Rowing Race (lomba dayung  dengan kemudi dalam lintasan lurus sejauh 2 mil laut),  Slallom Race (lomba dayung tanpa kemudi dalam lintasan zig-zag), Sailing Race (lomba layar dalam rack race tertentu dengan peraturan lomba layar internasional), Sails and Oars, Navigation, Rope Work, Captain Gig’s, Jackstay Transfer, dan Man Overboard.

Sebelumnya, tim yang beranggotakan mahasiswa ITS dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) ini, lima di antaranya perempuan, juga telah melakukan beberapa kali uji coba. Di antaranya uji coba kapal Rojo Segoro yang dilakukan di pantai Kenjeran dan Markas Komando Armada Timur (Armatim) TNI-AL, Surabaya. Kapal Rojo Segoro telah dikirimkan lebih dulu menuju ajang lomba sejak 22 Mei lalu, karena harus melalui perjalanan laut.

“Musuh paling berat dalam ajang ini menurut pengamatan kami selama ini adalah tim dari Irlandia sendiri dan Inggris,” aku Rikki.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogo Yuwono DEA mengungkapkan bahwa pelepasan tim Atlantic Challenge ini merupakan yang keempat dalam di bulan ini.

 â€œAlhamdulillah dari empat tim yang dilepas bulan ini, dua tim sudha berhasil meraih kemenangan,” ungkapnya bangga. (Benny.H/ADR/HF)
(Editor : Heri Firmansyah)

Berita Terkait