ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
16 Oktober 2012, 15:10

20 Perguruan Tinggi se-Jatim Ikuti WMM 2012

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam sosialisasi WMM 2012 ini, antusias mahasiswa begitu tinggi, terdaftar ada puluhan mahasiswa dari 20 perguruan tinggi di Jatim hadir dalam sosialisasi ini

WMM merupakan sebuah kompetisi kewirausahaan yang ditujukan untuk mencetak wirausaha muda Indonesia.  Tak hanya WMM, PT Bank Mandiri Tbk sebagai pihak penyelenggara, juga memiliki kompetisi lain yang diperuntukkan technopreneur muda Indonesia bernama Mandiri Young Technopreneur Award (MYTA).

Lantip Trisunarno salah satu pemateri sosialisasi mengatakan, kunci untuk menjadi seorang wirausahawan sukses adalah spirit entrepreneur. Mulai dari semangat berbisnis, kerja keras, dan berani ambil resiko. "Yang tak kalah penting harus pantang menyerah," ujar pembina kewirausahaan ITS ini, Senin (15/10/2012).

Dosen Jurusan Teknik Industri ITS ini melanjutkan, seorang wirausahawan juga harus mampu membangun jaringan bisnis. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kerjasama kemitraan dengan instansi lain maupun mengikuti berbagai kompetisi kewirausahaan. "Kompetisi ini salah satu jalannya," jelasnya.

Salah satu finalis MYTA 2011 dari ITS, Ahmad Ferdiansyah Pradana Putra menjelaskan, untuk bisa menjadi juara dalam ajang MYTA tak perlu menciptakan teknologi baru. Teknologi yang sudah ada pun dapat diikutkan, asal ada inovasi teknologi tambahan dan memang dibutuhkan oleh masyarakat. "Sebelum kita menciptakan sesuatu harus melihat kebutuhan pasar dulu," tuturnya.

Tak hanya itu, alumni Jurusan Teknik Kimia ITS ini juga menyarankan agar mahasiswa yang berminat mengikuti MYTA sebaiknya membuat teknologi yang sekali pakai. Pasalnya, strategi itu akan sangat membantu untuk mengembangkan bisnis mereka setelah selesai mengikuti MYTA nanti.

Mahendra Ega H, juara favorit WMM 2011 menambahkan, untuk bisa mempertahankan sebuah bisnis yang telah dimulai, harus mempunyai strategi yang jelas sejak awal. Misalnya sego njamoer, produk tersebut memang didesain ekonomis dengan porsi kecil. "Harga murah dan porsi kecil akan membuat konsumen ketagihan," jelas mahasiswa Jurusan Teknik Fisika ini. @ian_lensa

Berita Terkait