ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
14 Januari 2013, 21:01

Pelindo II dan ITS Kerja Sama Tingkatkan Kualitas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kerja sama itu mencakup program pendidikan, penelitian, pelatihan bidang perencanaan dan manajemen operasional kepelabuhan dan logistik, material handling equipment, perkapalan, rekayasa pantai, dan corporate social responsibility (CSR).

Direktur Utama Pelindo II Richard Joost Lino menyatakan pihaknya sebagai operator pelabuhan terbesar di Indonesia berkomitmen memberikan pelayanan jasa pelabuhan yang terbaik melalui inovasi dan pembangunan termasuk peningkatan sumber daya manusia di internal perusahaan.

Kerja sama pelatihan dan pendidikan dengan ITS dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Perusahaan berkomitmen untuk selalu memfasilitasi para karyawan IPC (Indonesia Port Corporation/Pelindo II) mengembangkan ilmu yang sesuai dengan standar layanan kepelabuhanan internasional," tuturnya, Selasa (15/1).

Kerja sama Pelindo II dan ITS terdiri dari dua program, yaitu kerja sama pendidikan dan pengabdian masyarakat. Kerja sama bidang pendidikan dijalankan melalui program pelatihan dari ITS kepada para pegawai IPC dalam bidang manajemen pelabuhan, operasi material handling pelabuhan, operasi, survei, perawatan kapal port-tug, serta rekayasa pantai.

Sebagai timbal balik Pelindo II akan mengakomodasi program praktik kerja mahasiswa ITS di pelabuhan-pelabuhan yang berada di bawah otoritas Pelindo II.

"Dalam bidang pengabdian masyarakat, kerja sama yang dilakukan adalah penyediaan tenaga ahli dan peralatan laboratorium oleh ITS yang akan digunakan untuk penelitian dalam rangka implementasi corporate social responsibility IPC," tutur Lino.

Pelindo II melihat ITS sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan kegiatan penelitian dan kajian akademis yang dapat mendukung kinerja operasional Pelindo II. Kerja sama antara Pelindo II dan ITS akan dilangsungkan selama dua tahun mulai dari 2013 hingga 2015. (Mrc/OL-8)

Berita Terkait