ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
25 Januari 2013, 12:01

ITS Gaet Kampus Korsel Demi Iptek

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Secara khusus, kerjasama ini dilaksanakan departemen Kimia ITS bersama dua departemen di PNU, yakni Department of Chemistry dan Department of Poliymer Science and Engineering. Penandatanganan memorandum of agreement (MoA) pun dilakukan secara langsung oleh ketua jurusan masing-masing. MOA itu merupakan langkah lanjutan atas kunjungan ITS ke PNU pada November tahun lalu.
 
”Kali ini giliran PNU yang membalas kunjungan kami. Saat itu tidak hanya jurusan Kimia yang mengunjungi PNU melainkan bersama dengan empat jurusan lain di ITS, yakni Statistika, Teknik Material, Teknik Lingkungan, serta Teknik Fisika," ujar Ketua Jurusan Kimia ITS Hamzah Fansuri, seperti dilansir dari ITS Online, Jumat (25/1/2013).
 
Ketua Panitia kegiatan tersebut Ratna Ediati menjelaskan, ada enam program kerjasama yang tertuang dalam perjanjian itu. Salah satu program yang akan direalisasikan adalah program akademik dan penelitian. Dalam program ini, kata Ratna, rencananya akan dikirim mahasiswa S-2 atau S-3 Jurusan Kimia ITS untuk melakukan studi dan juga percobaan di PNU. "Sejauh ini sudah ada satu mahasiswa kami yang dipastikan akan meneliti di sana, akan tetapi kemungkinan bisa bertambah," papar Ratna.
 
Selain program akademik dan penelitian,  program kerjasama lain yang disepakati adalah pertukaran mahasiswa dan dosen, kerja sama publikasi, pengawasan percobaan, dan program pertukaran informasi melalui pembuatan buku-buku materi perkuliahan.
 
Hamzah menambahkan, kerjasama ini merupakan pintu gerbang bagi Jurusan Kimia untuk dapat berkontribusi di kancah internasional. Dia berharap jurusan-jurusan lain juga dapat melakukan hal serupa. "Dengan begitu tujuan Internasionalisasi ITS dapat tercapai dengan segera," imbuh Hamzah. (mrg)

http://kampus.okezone.com/read/2013/01/25/373/751665/its-gaet-kampus-korsel-demi-iptek

Berita Terkait