ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
07 Februari 2013, 20:02

3 Kampus AS Bagi Cerita di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketiga universitas AS tersebut adalah University of California Irvine (UCI), Rutgers University (RU), dan California State University Long Beach (CSULB). UCI diwakili oleh Jene C, Kawahima menjadi delegasi bagi CSULB), sementara Bill Rust didapuk sebagai perwakilan RU.
 
Deputi ITS International Office (IO) ITS Unggul Wasiwitono mengungkap, kedatangan ketiga delegasi ini dalam rangka berbagi pengalaman mengenai sistem pendidikan di masing-masing kampus. ”Mereka melakukan sosialisasi terkait program pendidikan yang dimiliki,” papar Unggul, seperti disitat dari ITS Online, Kamis (7/2/2013).
 
Dalam pertemuan tersebut, ketiga delegasi memaparkan kualitas pendidikan yang terdapat di Negara Adidaya itu. Bagi mereka, besarnya biaya yang dikeluarkan memang mempengaruhi kualitas pelayanan didapat. Artinya, filosofi yang digunakan adalah pendidikan berkualitas memang memerlukan biaya yang tidak sedikit.
 
Di luar program pendidikan tertentu terdapat pula program belajar bahasa Inggris. Namun, lama waktu pelaksanaan berbeda karena bergantung pada jenis program yang dipilih. Untuk mengikuti masa studi tercepat selama enam bulan, mahasiswa harus merogoh kocek hingga Rp160 juta.
 
Biaya besar yang dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di AS itu tidak sia-sia. Sebab, kata Unggul, mahasiswa Indonesia akan mendapatkan sejumlah keuntungan.
 
"Seperti mendapat kesempatan untuk magang di perusahaan AS dan memperbaharui pengetahuan dan kemampuan seputar dunia kerja. Para peserta juga dapat meningkatkan nilai tambah yang dimiliki selama duduk di bangku kuliah serta pengalaman kerja,” urai Unggul.
 
Tidak hanya itu, para peserta pun dapat menikmati fasilitas tempat tinggal dan lingkungan yang nyaman selama berada di kawasan kampus dan sekitarnya. ”Setidaknya tingkat keamanan di sana menempati posisi tinggi di dunia dan keindahan alam, budaya, dan tempat hiburan yang menarik,” ujar dosen Jurusan Teknik Mesin ITS itu.
 
Hingga kini belum ada kerjasama yang dilakukan antara ITS dengan ketiga universitas AS tersebut. Namun, kunjungan ini dapat menjadi pembuka untuk menjalin kerjasama lebih jauh. ”Sejauh ini belum ada kerjasama yang terjalin antara ITS dan tiga PT tersebut, namun kunjungan ini bisa menjalin hubungan antarpihak,” tuturnya.
(mrg)

http://kampus.okezone.com/read/2013/02/07/373/758507/3-kampus-as-bagi-cerita-di-its

Berita Terkait