ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
25 Februari 2013, 08:02

Trek-trekan Santai di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jika pada pelaksanaan rally sebelumnya menggunakan sistem kejuaraan, tidak dengan tahun ini. Olahraga yang sudah ada sejak 2006 tersebut kini digunakan sebagai momen untuk latihan bersama.

”Jadi kami sengaja meng-create kegiatan ini cenderung sebagai fun rally,” jelas Ketua Lomba Yordian Fachry, seperti dikutip laman UGM, Senin (25/2/2012).
 
Sesuai dengan tema yang diusung, rally kali ini ingin mengangkat sejarah ITS melalui rute yang melalui tempat-tempat bersejarah ITS. ”Kami mengambil referensi dari buku Titik Nol Kampus Perdjoeangan untuk mencari tempat-tempat sejarah ITS tersebut,” tutur mahasiswa Jurusan Teknik Mesin tersebut.
 
Sebenarnya, lanjut dia, tujuan utama dari pelaksanaan Latber Time Rally ini adalah sebagai media untuk meningkatkan minat mahasiswa ITS terhadap olahraga otomotif. Tak hanya itu, rally ini juga melatih safety driving di mana peserta harus berkendara sesuai ketentuan yang berlaku meski harus berpacu dengan waktu.
 
Setiap tim dari 70 tim peserta yang mendaftar beranggotakan paling banyak empat orang. Satu sebagai driver, dua sebagai navigator, dan satu lagi sebagai penumpang. Untuk rute yang harus dilalui, peserta diberikan soal sejenis teka-teki yang harus dipecahkan untuk menemukan rute yang benar.
 
Ada tiga jenis soal yang diberikan oleh panitia, antara lain Belok kiri-belok kanan (BKR-BKN) tulang ikan, di mana arah-arahnya digambarkan menyerupai tulang ikan. Serta yang terakhir adalah tulip yaitu petunjuk yang berupa simbol.
 
Peserta yang akan memenangkan lomba ini adalah peserta yang memiliki poin paling sedikit. Poin yang dimaksud adalah angka hukuman. Peserta diminta untuk bisa menemukan pos-pos yang telah disediakan. Yakni pos waktu (start-finish), pos rute, pos rahasia, dan pos palsu. Setiap terlewatkan satu pos rute peserta akan dikenai hukuman sebesar 300 poin.
 
Tak hanya mencari juara umum, Latber kali ini juga menyediakan penghargaan bagi peserta wanita terbaik. Yakni tim yang seluruh anggotanya wanita. ”Hal tersebut merupakan apresiasi karena memang masih jarang wanita yang tertarik mengikuti olahraga otomotif seperti ini,” pungkasnya.

 

http://kampus.okezone.com/read/2013/02/25/373/766947/trek-trekan-santai-di-its

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > Trek-trekan Santai di ITS