ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
12 April 2013, 17:04

Reakreditasi ITS Masih Menggantung

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengapa demikian? Pasalnya, masa berlaku akreditasi A ITS yang disandang sejak 2008 silam telah kadaluarsa per 7 maret 2013. Namun, jauh hari sebelum masa berakhirnya, tim akreditasi ITS telah mengirimkan dokumen permohonan reakreditasi institusi kepada BAN-PT.

Demikian diungkapkan Pembantu Rektor I ITS Herman Sasongko. "Kami telah mengirimkan sejumlah dokumen persyaratan kepada BAN-PT sejak 22 Januari lalu,” ujar Herman, seperti dikutip dari ITS Online, Jumat (12/4/2013).

Oleh karena itu, Herman membantah adanya keterlambatan pengiriman dokumen kepada BAN-PT. Sebab ITS telah mengirimkan dokumen dua bulan sebelum masa berakhirnya akreditasi. ”Cukup disayangkan jika data-data pendukung yang telah dicapai oleh ITS tidak disampaikan kepada BAN-PT,” paparnya.

Herman berpendapat, perguruan tinggi lain yang telah mengirimkan dokumen lebih cepat, yakni di akhir 2012 telah memperoleh hasil akreditasi. Sementara ITS baru mengirimkan pada Januari lalu belum mendapatkan hasil akreditasi BAN-PT.

Setelah seluruh dokumen dikirimkan ke BAN-PT tersebut, ITS tinggal menunggu proses visitasi untuk menentukan status akreditasi yang berhak disandang ITS selanjutnya. Seharusnya BAN-PT melakukan visitasi pada Febuari. Namun hingga saat ini, ITS belum mendapat pemberitahuan jadwal visitasi yang akan dilakukan oleh BAN-PT.

"Untuk itu, berdasarkan rilis program Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) pada akhir Februari lalu, ITS belum tercantum masuk dalam daftar perguruan tinggi yang terakreditasi A karena memang belum memperoleh hasil penilaian visitasi," jelasnya.

Menurut Herman,  keterlambatan visitasi dari BAN-PT dikarenakan anggaran yang dialokasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terbatas. Bahkan, sampai April 2013 tidak ada kegiatan akreditasi karena dananya belum turun. (rfa)

http://kampus.okezone.com/read/2013/04/12/373/790538/rekareditasi-its-masih-menggantung

Berita Terkait