ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
22 April 2013, 15:04

Rektor ITS Apresiasi Prestasi Perempuan Peneliti

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Yogi menegaskan, prestasi yang ditorehkan Fatmawati ini sangat bagus untuk memacu semangat peniliti perempuan muda Indonesia. Terutama, bagi peneliti ITS yang selama ini sudah banyak menghasilkan karya-karya prestisius. ”Bagi kami, prestasi ini sangat berharga dan semoga diikuti oleh sivitas akademika lainnya,” tutur Triyogi, seperti disitat dari ITS Online, Rabu (17/4/2013).

Bagi para peneliti muda yang ingin berkarya, Guru Besar Jurusan Teknik Mesin ITS itu berpesan agar mereka tidak asal meneliti. Dia menyarankan agar tema penelitian yang diangkat merupakan masalah terkini.

"Peneliti ITS hendaknya meningkatkan kuantitas riset mereka terhadap masalah kekinian. Seperti riset Bu Fatma ini, akan sangat bermanfaat,” ujarnya.

Sri Fatmawati merupakan satu di antara 16 wanita di seluruh dunia yang memperoleh penghargaan International Fellowship L’Oreal for Women in Science 2013. Penghargaan tersebut berkat keberhasilannya menemukan senyawa khusus dari spons laut. Senyawa tersebut berpeluang menjadi obat anti kanker dan anti Alzheimer.

Dosen Jurusan Teknik Mesin ITS itu memang sangat peduli terhadap penelitian mengenai pengobatan alternatif. Maka, selain melanjutkan riset mengenai spons, dia juga meneliti jamur lingzhi sebagai bahan disertasinya. ”Goal-nya mencari bahan sintetik alami sebagai obat untuk penyakit diabetes,” ungkap Fatma.

Wanita asal Sampang, Madura itu sangat mendukung kiprah para peneliti perempuan. Menurut Fatma, kesempatan memperoleh penghargaan internasional sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini dukungan untuk melakukan riset tidak hanya datang dari kampus, tapi juga pemerintah.

Fatma berharap, prestasi civitas academica ITS dapat terus bertahan. Terutama dari bidang riset sains dan teknologi yang dilakukan oleh mahasiswa. ”Kami hanya memiliki waktu yang relatif pendek. Berbeda dengan mahasiswa yang masih mempunyai waktu yang cukup panjang,” imbuh jebolan Kyushu University, Jepang itu.(mrg)

http://kampus.okezone.com/read/2013/04/17/373/792771/rektor-its-apresiasi-prestasi-perempuan-peneliti

Berita Terkait