ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
09 Mei 2013, 18:05

ITS Tanda Tangani MoU dengan PT Solusi 247

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

PT Solusi 247 sendiri merupakan perusahaan ICT terkemuka yang telah dipercaya oleh berbagai vendor telekomunikasi besar di Indonesia seperti Indosat dan Telkomsel. Beno Pradekso, Direktur Utama PT Solusi 247 mengatakan pihaknya kini tengah gencar melakukan riset untuk pengembangan produk perusahaanya. “Kami banyak melakukan riset untuk bidang IT Solution, kami menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, dan kini dengan ITS,” ujarnya.

Beberapa bidang riset yang akan dilakukan oleh PT Solusi 247 dengan ITS antara lain mengenai Marine Radar, Electric Support Measure (ESM), Radio Direction Finding (RDF) Receiver , Electronic Chart Display and Information System (ECDIS), dan Integrated Surveillance framework. “Perusahaan kami sendiri telah melakukan riset ESM hampir 90 persen, dan telah diuji di Pelabuhan Tanjung Priok,” ungkap Beno.

Pengawasan laut yang belum optimal karena keterbatasan fasilitas menjadi dasar bagi Solusi 247 untuk mendalami aplikasi teknologi produknya di bidang maritim. Hingga saat ini, persoalan mengenai kecelakaan kapal, illegal traffic, pencurian ikan, hingga pembajakan kapal nelayan menjadi masalah tak terpecahkan karena lemahnya aktivitas monitoring.

“Oleh karena itu kami mengajak ITS, kami memiliki pengetahuan tentang sensor dan radarnya, sedangkan ITS punya pengetahuan di bidang maritim dan perkapalannya,” tutur Beno. Lebih lanjut Beno mengatakan, ITS adalah mitra yang sangat sesuai untuk melaksanakan kerjasama ini. Selain karena ITS unggul dibidang maritim, keberadaan sentra nelayan, pelabuhan internasional, dan aramada pertahanan laut di Surabaya juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Sepakat dengan Solusi 247, ITS juga sangat antusiasi memulai kerjasama ini. Prof Dr Darminto, Pembantu Rektor IV ITS mengatakan ini bukan pertama kalinya ITS bekerja sama dengan pihak swasta. “Kami berharap produk-produk yang dikembangkan nanti dapat benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat,” harap Darminto. @angga_perkasa

http://www.lensaindonesia.com/2013/05/09/its-tanda-tangani-mou-dengan-pt-solusi-247.html

Berita Terkait