ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
14 November 2013, 15:11

Seimbang, ITS Dipuja-puji BAN-PT

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Melalui pertemuan tersebut, BAN-PT menilai setiap bagian di ITS memiliki peran yang sama kuatnya. Kelima tim asesor dari BAN-PT tersebut adalah Yanuarsyah Haroen dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Bambang Supriyadi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Belawati Widjaja dari Universitas Indonesia (UI), Norma Afiati dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dan Indrianty Sudirman dari Universitas Hassanudin (Unhas) Makassar.

Norma menyatakan, penilaian yang dilakukan meliputi keseluruhan institusi. Dengan kata lain, tidak hanya menitikberatkan pada satu bagian. Usai wawancara terhadap seluruh bagian, Norma pun memuji keseimbangan peran yang ada di ITS.

”Tidak semua institusi bisa memiliki bagian-bagian yang berperan sama kuat seperti ini. Biasanya masih ada yang mendominasi dan memiliki porsi lebih kecil,” ujar Norma, seperti dinukil dari ITS Online, Kamis (14/11/2013).

Dia menyatakan, keseimbangan peran tersebut dapat memudahkan pengembangan institusi nantinya. Saat sesi tanya jawab, Norma pun banyak menyoroti soal prestasi mahasiswa ITS baik dalam bidang seni atau pun bidang non-teknik lain.

Dalam kesempatan tersebut, tim asessor turut menyinggung keterkaitan institusi, fakultas dengan jurusan yang ada di ITS. Terutama dalam sistem penjaminan mutu. Contohnya terkait proses turunnya rancangan penjaminan mutu dari institusi atau pusat ke fakultas dan jurusan.

Perwakilan Badan Pusat Jaminan Mutu ITS pun menjelaskan, PJM memiliki target untuk menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain. Dia menyebut, ITS memiliki standar mutu sendiri hingga rumpun paling bawah.

Sistem penjaminan mutu dan pengukuran kinerja berasal dari institusi. kemudian diturunkan ke fakultas. Selanjutnya, fakultas menyerahkan kepada masing-masing jurusan sistem yang akan diterapkan di sana. Tentunya, dengan mengacu kepada rumusan baku sistem pusat dan dengan mendukung otonomi masing-masing jurusan. Data tersebut akan terintegrasi menggunakan SIM Proker.

Rupanya dalam visitasi tersebut, tim asesor tertarik dengan sistem yang diberlakukan di jurusan Biologi. Sebagai jurusan yang tergolong muda, jurusan Biologi mampu mengimbangi jurusan-jurusan lain yang bahkan lebih tua.

Sedangkan untuk pengembangan program-program kerja yang dimiliki, jurusan yang berdiri 13 tahun lalu ini mendapat dukungan dari fakultas lain, seperti Fakultas Teknologi Kelautan. Contohnya, melalui Sustainable Islands Development Initiative (SIDI) yang menggandeng jurusan Biologi untuk melakukan penelitian di beberapa pulau kecil di Indonesia. (ade)

Sumber; http://kampus.okezone.com/read/2013/11/13/373/896535/seimbang-its-dipuja-puji-ban-pt

Berita Terkait