ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
30 November 2013, 11:11

Terjunkan 3 Tim, ITS Optimistis Jadi Juara Umum di KJI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tiga tim tersebut turun di tiga kategori yang berbeda, yaitu pada kompetisi jembatan kayu, jembatan baja, dan jembatan busur. Untuk jembatan kayu dan baja akan diikuti oleh empat mahasiswa, sedangkan pada kategori jembatan busur hanya akan diwakili oleh dua mahasiswa. "Semua sudah siap, baik dari tim maupun dari jembatannya," urai Ketua Kontingen Tim KJI ITS, Erwin Hidayat, seperti dikutip dari ITS Online, Sabtu (30/11/2013).

Dia menambahkan, persiapan ini sudah dilakukan sejak pengumuman lomba pada April lalu. "Kami berharap semua berjalan sesuai dengan rencana. Yang pasti, kami siap bertanding," jelasnya.

Dari segi teknis, lanjutnya, sudah siap. Sisanya, tinggal mengontrol mental para anggota tim. Sebab mental para anggota juga sangat berpengaruh selama kompetisi berlangsung.

Pada jembatan baja, Tim Ksatria Baja telah siap dengan jembatan Songgo Langit. Sedangkan Tim Citra S54 juga telah menyiapkan jembatan kayu yang diberi nama Panderman Bridge. Sama halnya dengan kategori busur, O Arch Bridge dari Tim O Project siap berlaga dalam kompetisi bergengsi itu.

Erwin mengatakan, akan ada beberapa hal yang menjadi aspek penilaian pada lomba besutan Universitas Brawijaya (UB) Malang tersebut. "Di antaranya kekokohan, metode konstruksi, estetika, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), dan juga presentasi. Tapi untuk kategori jembatan busur, jembatan sudah dalam harus dalam keadaaan jadi bukan lagi rancangan,” ujar Erwin.

Dengan persiapan itu, Erwin optimistis ITS bakal merebut juara umum KJI. Namun, katanya, juara tersebut bukanlah tujuan utama. "Yang terpenting timnya bisa berusaha semaksimal mungkin saat bertanding nanti. Semoga bisa terealisasi dan semoga saat lomba nanti tidak ada kendala yang datang tiba-tiba," tutur mahasiswa Jurusan Teknik Sipil tersebut. (mrg)

Berita Terkait