ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
16 Januari 2014, 15:01

BEM ITS: Jadilah Pemilih Cerdas!

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengantisipasi para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tidak salah pilih, maka Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS memberikan sosialisasi agar kaum muda menggunakan hak pilihnya dengan cerdas.

Menteri Kebijakan Publik BEM ITS Sudarsono mengungkapkan, setiap satu suara akan menentukan nasib Indonesia. Karenanya, memilih dengan tepat haruslah melalui berbagai analisis.

"Memilih presiden haruslah dilandasi oleh pemahaman mengenai politik. Mahasiswa sebagai pemilih pemula yang minim pengalaman sangat mempengaruhi kesiapan mereka dalam memilih. Mereka dituntut untuk dewasa dalam memilih, minimal paham mana baik mana benar," ujar Sudarsono, seperti disitat dari ITS Online, Kamis (16/1/2014).

Menurut mahasiswa Jurusan Teknik Kimia itu, agar siap memilih, sebaiknya mahasiswa banyak membaca dan berdiskusi tentang politik. Tidak hanya itu dia juga menyarankan agar mahasiswa berhati-hati dalam memilah input dari media.

"Lebih baik lagi, aktiflah menulis!" ujar Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (Himatekk) ITS 2012/2013 itu.

Tidak hanya itu, agar mahasiswa ITS tidak salah pilih, BEM ITS juga membangun atmosfer politik dalam kampus. Dengan tetap menjaga netralitas kampus dari pengaruh partai politik, BEM berencana membuat sebuah momentum politik melalui acara KM ITS Mencari Pemimpin Untuk Indonesia.

Rencananya, acara ini akan dihelat Mei mendatang, ketika calon presiden telah ditetapkan. Kegiatan tersebut akan diawali dengan sayembara tulisan berisi pendapat mahasiswa ITS tentang sosok pemimpin ideal untuk Indonesia.

Di tingkat fakultas, BEM mengajak mahasiswa berdiskusi dengan tema yang sama. Diskusi tersebut menghasilkan beberapa pendapat yang berbeda-beda dari tiap fakultas. Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) dalam diskusinya mengharapkan pemimpin yang paham betul mengenai visi maritim dalam pembangunan Indonesia.

Lain dengan Fakultas Teknologi Industri (FTI) yang menganggap pemimpin bangsa ini harus siap dalam hal penguasaan energi dalam negeri. "Rencananya, hasil diskusi akan dibukukan dan diberikan kepada para calon presiden," urai Sudarsono.

Sementara itu, untuk mendukung sosialisasi pemilihan presiden 2014, BEM bersiap meminta KPU melakukan sosialisasi langsung ke mahasiswa. Memanfaatkan fasilitas media sosial yang banyak digunakan oleh mahasiswa, BEM juga akan menggencarkan sosialisasinya melalui media tersebut. (mrg)

 

Sumber :: http://kampus.okezone.com/read/2014/01/15/373/926695/bem-its-jadilah-pemilih-cerdas

Berita Terkait