ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
14 Januari 2014, 15:01

Dosen ITS Ngajar Guru SD Bikin Animasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketiga dosen tersebut ialah Umi Laili Yuhana, Henning Titi C, dan Diana Purwitasari. Di sekolah tersebut, mereka menjalankan program workshop yang diikuti oleh para guru di SD Muhammadyah 4 Pucang.

Kepala sekolah SD Muhammadiyah 4 Pucang Solikhin menjelaskan, awalnya peserta workshop dibatasi hanya 20 guru per angkatan. Namun karena antusiasme peserta yang tinggi, jumlah peserta ditambah menjadi 25 orang per angkatan.

"Kerja sama antara ITS dan pihak SD diawali dari program sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru di bidang Ilmu Teknologi (IT), terutama animasi dan power point. Media pembelajaran berupa animasi dan power point akan lebih menarik bagi siswa SD,” ujar Solikhin, seperti dikutip dari ITS Online, Selasa (14/1/2014).

Dia pun memuji pihak ITS yang dinilai sangat proaktif selama program berlangsung meskipun sering terkendala oleh ketidaksesuaian jadwal antara pelatihan dan peserta. Di masa mendatang, Solikhin berharap agar dapat terus menjalin kerjasama dengan ITS dalam berbagai bidang.

Tidak hanya mengajar, dalam program tersebut pun diadakan lomba untuk membuat media pembelajaran menggunakan animasi. Tak tanggung-tanggung, sebuah laptop menjadi hadiah yang disediakan oleh tim pengabdian masyarakat tersebut.

"Lomba tersebut dilakukan untuk memotivasi peserta agar dapat menerapkan materi yang telah diberikan," kata Henning.

Sementara itu, salah seorang peserta workshop, yakni Arry Wijayanti mengaku, program pelatihan ini sangat bermanfaat baginya. Kini, guru mata pelajaran Olahraga itu mampu mengoperasikan aplikasi lain untuk menunjang materi ajar bagi anak didiknya.

"Saya yang dulu hanya bisa power point saja, kini juga bisa menggunakan flashplayer,"ungkap Arry. (mrg)

 

Sumber :: http://kampus.okezone.com/read/2014/01/13/373/925817/dosen-its-ngajar-guru-sd-bikin-animasi

Berita Terkait