ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
14 Januari 2014, 15:01

Tak Ada Orang Bodoh, Tapi Banyak Orang Malas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan, Kemahasiswaan, dan Hubungan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Ismaini Zaini menyatakan, tidak ada orang bodoh. Yang ada, kata Ismaini, adalah orang yang malas.

"Di dunia ini tidak ada yang namanya orang bodoh kok. Kebanyakan mahasiswa yang berbuat curang itu justru karena mereka tidak rajin untuk belajar," ujar Ismaini, seperti disitat dari ITS Online, Selasa (14/1/2014).

Dia mengungkapkan, kecurangan yang terjadi dalam UAS atau di ITS biasa disebut Evaluasi Akhir Semester (EAS) disebabkan kelalaian sang mahasiswa. Mereka, lanjutnya, tidak melakukan persiapan dengan baik menjelang ujian. Selain kesiapan, faktor kesehatan pun bisa mempengaruhi mahasiswa untuk berlaku curang selama pelaksanaan EAS.

Tidak hanya itu, wanita berkacamata ini pun memberikan pesan kepada seluruh pengawas ujian agar turut andil mengawasi para peserta selama berjalannya EAS. Pengawas harus melakukan tindakan preventif bukan setelah terjadi aksi kecurangan tersebut.

"Jadilah polisi yang baik. Maksudnya, para pengawas bertindak sebelum kecurangan terjadi, bukannya bertindak setelah kejadian yang tidak diharapkan terjadi. Para pengawas harus merasa tidak tenang jika dalam ruangan yang ia awasi terdapat orang yang melakukan kecurangan," imbuhnya.

Ismaini berharap, para mahasiswa ITS bisa menyiapkan diri menjelang ujian dengan sebaik mungkin. Dia mengimbau mereka agar tidak menjadi orang yang malas belajar.

"Malas itu merupakan awal dari seseorang nantinya bisa berbuat curang. Perkara seseorang bisa meraih nilai bagus atau tidak itu tergantung dari usaha dan juga doa kepada Allah SWT," tutup Ismaini. (rfa)

 

Sumber :: http://kampus.okezone.com/read/2014/01/13/373/925759/tak-ada-orang-bodoh-tapi-banyak-orang-malas

Berita Terkait