ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
17 Juni 2014, 14:06

Kompetisi Nasional Smart Primagama 2014 Road to UGM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Agenda rutin kantor pusat Primagama ini melibatkan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia melalui jaringan kantor cabang dan area Primagama di seluruh Indonesia. Diharapkan, kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat juang para pelajar dalam berprestasi dan berkompetisi.

Kegiatan ini juga merupakan satu-satunya kompetisi tingkat nasional (setingkat olimpiade nasional) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Nonformal, yaitu Primagama. Kompetisi Nasional ini akan terus diselenggarakan pada setiap tahunnya.

Pelaksanaan final KNSP tahun 2012 lalu bertempat di Universitas Indonesia, tahun 2013 bekerja sama dengan ITB, dan tahun 2014 ini direncanakan bertempat di UGM, Yogyakarta. Kemudian tahun-tahun berikutnya secara bergantian akan diselenggarakan di perguruan tinggi-perguruan tinggi negeri ternama lainnya di Indonesia seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Kompetisi Nasional Smart Primagama diselenggarakan secara terbuka bagi setiap siswa SD, SMP dan SMA di Indonesia yang memenuhi syarat. Kompetisi ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Perwakilan Penyelenggara dan melibatkan seluruh area dan kantor cabang Primagama se-Indonesia. Pelaksanaannya sendiri mengambil lokasi di sekolah-sekolah, kantor Primagama atau di gedung yang ditetapkan.

Kompetisi menganut sistem gugur. Peserta yang gagal dan tidak memenuhi syarat pada babak kualifikasi (penyisihan) yang diikuti tidak berhak mengikuti babak selanjutnya. Babak penyisihan ini dilaksanakan serentak pada Mei hingga September 2014. Babak semifinal dihelat pada 16 Juni hingga minggu ketiga Oktober 2014 di lokasi yang ditetapkan tiap-tiap area. Babak penyisihan dan semifinal ini akan menyaring 2.000 peserta yang terdiri dari 1.000 peserta pelajar SMA dan 1.000 peserta pelajar SD dan SMP yang berhak lolos ke Babak Grand Final di UGM, Yogyakarta pada 8-9 November 2014.

Selanjutnya para finalis grand final akan disaring menuju babak 20 Besar. Mereka akan mendapatkan soal esai oleh juri dari dosen UGM. Tiga pemenang dari masing-masing jenjang  mendapatkan hadiah Beasiswa Pendidikan Trophy kehormatan juara nasional, sertifikat penghargaan dan hadiah dari sponsor. Untuk Juara kelompok SMA IPA dan IPS mendapat hadiah Wisata luar negeri ke Sydney, Australia dan wisata domestik ke Bali.
 
Untuk informasi pendaftaran peserta dan sponsor acara bisa menghubungi kantor Primagama terdekat di seluruh wilayah Indonesia atau Hotline Panitia nasional di nomor telefon 08128522904. Selamat dan Sukses KNSP Primagama 2014 Road to UGM; ajang kompetisi antarsekolah se-Indonesia. (ADV)

Berita Terkait