ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
20 Agustus 2014, 09:08

PTN Jatim Sumbang 800 Peserta Olimpiade Sains 2014

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Pelaksanaan OSN-PTI 2014 ini sudah disosialisasi melalui video conference dengan Ditjen Dikti Kemdikbud secara serentak di beberapa PTN," cetus Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA disela video conference di kampus ITS Surabaya, Rabu (20/8/2014).

Menurut Tri Yogi, sapaan Rektor ITS ini, sebenarnya agenda OSN-PTI 2014 ini dikhususkan untuk seluruh PTN di seluruh Indonesia. Untuk Jawa Timur, ITS ditunjuk menjadi koordinator bagi para peserta OSN-PTI di lima PTN Jawa Timur. "Tapi, untuk regional Malang, dikoordinasi oleh Universitas Brawijaya (UB)," cetusnya.

Dari 800 peserta di lima PTN di Jawa Timur yang disumbangkan ITS dalam OSN-PTI 2014 tersebut meliputi tiga universitas negeri di Surabaya serta masing-masing satu PTN di Jember dan Madura. Kelima PTN tersebut adalah Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Jember (Unej), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). "Target jumlah pendaftar OSN ini juga meningkat dari tahun lalu yang hanya 600 peserta menjadi 800 peserta," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Tri Yogi mengimbau, agar promosi oleh panitia pusat lebih ditingkatkan sosialisasinya. Apalagi, terkait pelaksanaan OSN 2014 yang akan dilaksanakan pada 25 September 2014 mendatang bisa semakin menggaung. "Promosi kegiatan ini mungkin bisa lebih gencar dilakukan melalui media elektronik maupun cetak," sarannya.

Pada saat bersamaan, Dirjen Dikti Prof Djoko Santoso mengingatkan, para perguruan tinggi (PT) agar terus mengoordinasi panitia dalam OSN-PTI ini. Dalam video conference, Djoko berharap, para petinggi PT bersedia membantu untuk memberi informasi ke masyarakat mengenai olimpiade ini. "Total target jumlah peserta yang mendaftar  OSN ini adalah 25 ribu peserta. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya dan semoga bisa memenuhi target," ujarnya.

Sementara, OSN Pertamina ini terdapat dua kategori lomba. Masing-masing adalah kompetisi Teori dan Project Sains. Kompetisi Teori meliputi OSN di bidang matematika, fisika, kimia dan biologi. Sedangkan Project Sains bisa meliputi rancang bangun instrumen, aplikasi perangkat lunak dan lain-lain. “Sejauh ini terdapat 100 peserta yang telah mendaftarkan diri dalam OSN-PTI ini,” tambah Dekan FMIPA ITS, Prof Dr R Y Perry Burhan MSc yang ditunjuk sebagai koordinator panitia Regional Jawa Timur.

Perry mengungkapkan, peserta OSN ini tidak harus dari FMIPA, namun lomba ini bisa diikuti jurusan lain. Ia berharap, tahun ini ITS dapat memiliki juara di masing-masing bidang yang dilombakan dalam OSN-PTI 2014 ini. "Tahun lalu ITS menjadi juara 1 bidang Matematika dan juara 3 bidang Kimia," ingatnya. (esp1)

Berita Terkait