ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
28 Agustus 2014, 15:08

Dari Tugas Kuliah, Geist Jadi Sumber Penghasilan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seperti yang terjadi pada lima mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Atika Nur Kiptia, Sabrina Galih Pratiwi, Alfiyatul Mubarokah, dan Agnesya Balques mengawali bisnis mereka di bidang fesyen dari tugas mata kuliah Business Creation Project (BCP) II.

Bisnis yang mereka beri nama Geist itu berfokus pada aneka desain rok modis bagi kaum muda. Bermodal iuran anggota tim dan pinjaman jurusan, bisnis lima sekawan itu masih bisa eksis setelah enam bulan penugasan. Bahkan, mereka berhasil meraih juara dalam kompetisi kewirausahaan tingkat nasional, belum lama ini.

Alfiyatul Mubarokah menyebut, dalam kompetisi tersebut, mereka diharuskan mengunggah video bisnis yang sedang dilakoni. Hal itu, lanjutnya, serupa dengan tugas akhir BCP II yang mengharuskan setiap kelompok tugas membuat video.

”Akhirnya kami memutuskan untuk ikut kompetisi tersebut walaupun sempat pesimis karena mendaftar di hari terakhir. Kami tidak ingin video kami hanya menjadi jawaban atas tugas mata kuliah BCP II saja, kami ingin melihat sejauh mana bisnis ini bisa bersaing,” ujar Alfi, seperti dikutip dari ITS Online, Kamis (28/8/2014).

Rasa optimis kembali datang ketika Alfi dan kawan-kawan dinyatakan sebagai finalis empat besar. Mereka pun diharuskan mempresentasikan bisnis mereka. Dengan persiapan yang matang mulai dari latihan presentasi hingga asistensi ke dosen, akhirnya usaha mereka berbuahkan titel sebagai pemuncak kompetisi.

”Kami tidak menyangka sama sekali, karena melihat tim lain sudah menjalankan bisnis mereka selama bertahun-tahun dengan pencapaian omset yang tidak sedikit pula. Sedangkan kami masih sangat baru,” tutur Agnesya Balques. (mrg)

Berita Terkait