ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
27 Agustus 2014, 15:08

Poles Penampilan dengan Tas dari Ban Bekas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Namanya, B-Bag. Bahan pembuatnya, ban bekas.

Tas unik ini adalah hasil kreasi mahasiswa Jurusan Desain Produk Industri (Despro) dan Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yaitu Dinna Alief Nugrahani, Amatul Firdhausyah, Sekar Annisa,  Imaniar Vanda Sandria dan Ida Bagus Widnyana. Kelimanya mempercantik tampilan B-Bag dengan motif tenun dan ikat khas Nusantara.

"Kami tidak menggunakan motif batik karena sudah banyak di pasaran. Karena tahun ini motif kain geometris lagi tren, kami gunakan motif geometris juga, namun yang khas Indonesia," kata Dinna, seperti disitat dari ITS Online, Rabu (27/8/2014).

Mahasiswi angkatan 2012 ini mengaku, mampu memproduksi dua hingga tiga tas sehari. Saat ini, proses produksi B-Bag dibantu para perajin tas. Namun, karakteristik ban sebagai bahan bakunya yang lebih alot dan tebal dari kulit membuat para perajin mitra tersebut mematok ongkos lebih mahal. Akibatnya, B-Bag pun dibanderol dengan harga agak tinggi untuk kantong mahasiswa.

"Satu buah B-Bag dipatok dengan harga mulai dari Rp180 ribu hingga Rp275 ribu," ujar Dinna.

Karena itulah, Dinna dan kawan-kawannya menyasar para fashionista dan komunitas pencinta barang daur ulang sebagai pasar mereka. Sementara untuk pemasaran, dilakukan secara online di berbagai situs media sosial.

Dinna menjamin, tas ini enggak kalah kuat dengan tas berbahan dasar kulit. Begitu juga untuk urusan anti air, dijamin waterproof. Meski harga cukup mahal, perawatan B-Bag mudah, jadi enggak perlu biaya banyak seperti perawatan tas kulit.

B-Bag menjadi tiket tim Dinna melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-27 di Universitas Diponegoro (Undip). Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini akan berkompetisi di bidang kewirausahaan. (rfa)

Berita Terkait