ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
19 Agustus 2014, 15:08

Undip jadi Tuan Rumah Pimnas Ke-27

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Direktur P2M Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Agus Subekti mengatakan, Pimnas merupakan akhir dari program kreativitas mahasiswa (PKM).

"Ada berbagai bidang penelitian yang menjadi kategori lomba yaitu PKM Penelitian, PKM Karsa Cipta dan PKM Penerapan Teknologi dalam kategori Lomba Inovasi. Untuk lomba karya kreasi terdiri dari PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian kepada masyarakat, dan lomba karya tulis yang terdiri dari PKM Gagasan Tertulis," ujar Agus dalam konferensi pers tentang Pimnas 2014, di Gedung D Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Agus melanjutkan, pihaknya mengundang 440 tim. Setiap kelompok terdiri dari lima mahasiswa.

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi mahasiswa yang bisa diundang ke Pimnas. Saat penutupan Pimnas, siapa saja yang dapat memperoleh penghargaan paling banyak, akan menjadi pemenangnya," ucapnya.

Tahun lalu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memenangi Pimnas ke-26. Ketika itu, Universitas Mataram menjadi tuan rumah. Pada Pimnas kali ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) menurunkan 61 tim. Ini adalah delegasi terbesar dalam Pimnas ke-27.

"Lawan berat UGM adalah ITS dan Universitas Brawijaya (UB). Mereka bersaing ketat, bukan berdasarkan jumlah timnya, tapi kualitasnya," tutur Agus.

Pimnas sendiri merupakan kegiatan puncak di bidang perwujudan kreativitas mahasiswa dan penalaran ilmiah yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kegiatan semacam ini akan mampu memupuk minat para mahasiswa untuk membuat karya-karya ilmiah yang dapat mengangkat citra perguruan tinggi maupun daerahnya. (rfa)

Berita Terkait