ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
17 Agustus 2014, 13:08

LPDP Beri Dana Riset Mobil Listrik Nasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Besaran alokasi subsidi energi yang terus meningkat hingga mencapai Rp350,3 triliun pada 2014, akan berkurang jika sektor transportasi yang selama ini menggunakan bahan bakar energi fosil, secara bertahap beralih menggunakan listrik.

Usai upacara peringatan HUT RI ke-69, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penandatanganan pemberian bantuan pendanaan riset mobil listrik nasional oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Oleh karena itu, pemerintah menunjuk lima perguruan tinggi negeri (PTN) sebagai motor penggerak riset dan pengembangan mobil listrik nasional, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, mengenai riset mobil listrik, pihaknya berharap, pengembangannya yang prototipe, yaitu fase yang pertama bisa diuji dalam waktu dekat.

"Oleh karena itu, para PTN yang mendapatkan mandat ini kita berikan dukungan biaya riset mobil listrik nasional," ujar M. Nuh di Kantor Kemendikbud, Minggu (17/8/2013).

Upaya terobosan telah dilakukan oleh pemerintah pada kesempatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi pada 2012 di Bandung, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap pada 2017, Indonesia sudah dapat memproduksi sendiri kendaraan listrik. (fsl)    (rhs)

Berita Terkait