ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Sosialisasi dana hibah lewat buka puasa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada saja cara jurusan Matematika FMIPA untuk mendatangkan mahasiswanya. Seperti yang terjadi pada Senin (26/10), jurusan ini mengadakan buka puasa bersama antara dosen, mahasiswa dan karyawan. Acara ini dihadiri sekitar 120 mahasiswa, baik S1 maupun S2 dan puluhan dosen matematika. Tujuan acara ini adalah untuk mempererat hubungan baik antara dosen dengan mahasiswanya.

Selain itu, tujuan lain yang tak kalah penting yaitu sosialisasi Program Hibah Kompetisi (PHK) A-2. Tahun ini, jurusan Matematika mengajukan proposal untuk program pengembangan jurusan ke Dikti. Hingga sekarang, tinggal menyelesaikan tahap visitasi. Visitasi ini dilakukan oleh perwakilan Dikti dari Jakarta, tanggal 28 dan 29 Oktober 2004.

Demi selarasnya program jurusan dengan keinginan mahasiswa, sosialisasi program ini pun dilakukan. Ketua panitia hibah A-2, Sentot Didik, Msi mengatakan, "Program ini untuk mengembangkan jurusan Matematika melalui peningkatan akademik dan budaya." Salah satu dosen favorit di Matematika ini menambahkan, jika Matematika berhasil dalam kompetisi ini, maka mahasiswa juga yang akan diuntungkan. Program ini juga diarahkan untuk peningkatan efisiensi internal, diantaranya kualitas akademik lulusan, memperpendek masa studi, dan perbaikan suasana akademik.

Bagi mahasiswa, jika kompetisi ini berhasil diraih, akan banyak lagi manfaat yang diperoleh. Sebut saja, pelatihan profesionalisme, english day, seminar nasional, metodologi penelitian, kias remidial. Sentot Didik, Msi ingin suatu ketika ada satu hari khusus dengan semua orang di jurusan ini menggunakan bahasa inggris. Ini metode efektif melatih mahasiswa untuk aktif dalam berbahasa inggris.

Acara ini ditutup dengan kajian motivasi singkat oleh Drs. Soehardjoprie, dosen matematika ITS yang sekaligus juga pengusaha. (m1/tov)

Berita Terkait