ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
29 Agustus 2014, 14:08

Mari Tanam pohon

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketua ITS International Office (IO), Maria Anityasari, menjelaskan bahwa sub acara Plant Tree ini mempunyai tujuan untuk mengajak peserta CommTech supaya lebih mencintai bumi dan lingkungan. Acara plant tree ini pun sesuai dengan komitmen yang telah disepakati peserta di awal kegiatan.
”Yakni komitmen ingin melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon. Nantinya kita harap mereka bisa menularkannya di negara asalnya,” ujarnya, Jumat (29/8).

Para peserta dinilainya cukup antusias mengikuti kegiatan outdoor ini. Puncak acara Plant Tree pun ditutup dengan penanaman pohon persahabatan. Penanaman pohon persahabatan itu diakui Maria memang menjadi tradisi khusus dari acara CommTech tiap tahunnya yang kali ini sudah memasuki tahun ke-3. Jika tahun kemarin spot penanamanya dilakukan di bundaran gerbang depan kampus ITS, kali ini ditempatkan di kebun Urban Farming ITS. Pohon buah sawo pun dipilih sebagai pohon persahabatan.

Menurut Maria, pohon tersebut bisa dijadikan sebagai bentuk rasa persatuan dari 18 negara asal peserta CommTech. ”Mereka pun nantinya bisa mengingat kembali acara kebersamaan seperti ini di Indonesia dan khususnya ketika melihat plakat tanda pohon persahabatan tersebut di kampus ini,” jelas dosen jurusan Teknik Industri ITS ini.

CommTech hari keempat ini, kata dia, sejatinya mempunyai rangkaian kegiatan yang cukup panjang sejak pagi hari. Tercatat, sebelum melakukan Plant Tree, peserta juga diajak untuk melakukan olahraga senam poco-poco di halaman parkir gedung rektorat. Kemudian dengan menaiki sepeda ITS mereka pun berbondong-bondong menuju kebun Urban Farming yang berada di sebelah timur gedung jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS.

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > Mari Tanam pohon