ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
15 Januari 2014, 14:01

Indonesia Bisa Buat Kapal

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

”Pendidikan kita punya teknik perkapalan. Jika didanai sesuai kebutuhan yang diinginkan, maka bisa memproduksi kapal sesuai kebutuhan penelitian. Ke depan, ada kemungkinan itu dilakukan,” ujar M. Nasir di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta, Jumat (14/11/2014).

M. Nasir memaparkan hal ini disinggung mengenai usia kapal penelitian Baruna Jaya VIII yang digunakan dalam Ekspedisi Widya Nusantara mencapai 16 tahun. Dengan usia yang dianggap tua untuk sebuah kapal, dikhawatirkan menghambat penelitian.

Lelaki dengan latar belakang pendidikan ekonomi ini menekankan pentingnya kerja sama antara riset dan teknologi dengan pendidikan tinggi.

”Antara ristek dan pendidikan tinggi harus terintegrasi, akhirnya bisa menghasilkan produk yang bisa digunakan. Undip punya teknik perkapalan, ITS punya, Unhas punya teknik perkapalan. Coba berkolaborasi,” ucapnya.

Ayah dari empat anak ingin memanfaatkan laboratorium di Surabaya yang berfungsi mengetahui kemampuan kapal bertahan dalam guncangan. Ia menginginkan produksi tidak terbatas pada kapal komersial, tetapi kapal penelitian.

”Selama ini hanya kapal komersial, semoga bisa bikin kapal penelitian. Selama ini yang saya lihat kapal analog, bagaimana membuat kapal digital?,” pungkasnya.

(jjs)

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > Indonesia Bisa Buat Kapal