ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
28 Oktober 2014, 15:10

Antisipasi Banjir, ITS Bikin Perahu Ringan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dosen Teknik Perkapalan itu menjelaskan, dalam mengembangkan ide ini ITS bekerjasama dengan perusahaan swasta CV Pionir Mandiri Jaya. Perahu ini memiliki ukuran panjang 2,3 meter, lebar 1,5 meter, tinggi 0,8 meter, dan sarat 0,25 meter. Prototipe tersebut telah diuji stabilitasnya di Laboratorium Hidrodinamika Jurusan Teknik Perkapalan FTK ITS. "Kapasitas angkut mencapai delapan orang, tanpa perlu khawatir kandas," kata Wasis.

Kapal ini dibuat dengan desain lambung ganda (double hull). Sehingga, rescue boat masih bisa mengapung jika terjadi benturan yang menyebabkan sobeknya lambung luar. Untuk meningkatkan kekuatan kapal terhadap benturan maka dilakukan pengisian busa pada lambung ganda. (Baca juga: ITS Luncurkan Kapal Kayu ‘Baita Sena’)

Wasis menambahkan, karya tersebut sangat aman. Bahan plastik yang ringan dan berbentuk seperti kotak menambah keamanan pada perahu. Kapal yang dia bikin bersama anak-anak didiknya itu juga diklaim lebih murah dibandingkan dengan rescue boat biasa. "Bahkan menghemat ongkos sampai 25 persen."

Keuntungan lain, perahu bisa didaur ulang secara terus menerus. "Sangat berbeda jauh dengan perahu yang menggunakan bahan fiber glass, meski ringan tapi bahan tersebut hanya untuk sekali pakai," kata dia. Pembuatan cetakannya sendiri bisa menghabiskan waktu selama seminggu. Namun setelah cetakannya jadi, ia dan tim bisa memproduksi enam buah kapal per hari.

Perahu buatan kampus ITS ini sudah dikirim ke Bojonegoro untuk mengantisipasi luapan Bengawan Solo. "Sudah kami kirim beberapa ke Bojonegoro, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Berita Terkait