ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
18 Januari 2016, 14:01

Lima Mahasiswa ITS Kuliah Gratis di Rusia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mahasiswa ITS yang beruntung itu adalah Afrilia Dwi Permata Ginting, Eka Kristalia Kuryani, Asti Rakhmawati, Hanna Anie Soebari, dan Faridl Robitoh.

"Namun Faridl Robitoh saat ini sudah melanjutkan pendidikannya di salah satu universitas terbaik di China," tutur salah satu penerima beasiswa, Afrilia, dikutip dari laman ITS, Senin (18/1/2016).

Afrilia mengaku, sebelumnya tidak mengetahui bahwa seluruh kuota beasiswa program tersebut dipenuhi oleh mahasiswa ITS. Mereka baru menyadari setelah melakukan komunikasi satu sama lain.

Dengan mendapat beasiswa tersebut, Afrilia dan keempat temannya mendapat biaya program, akomodasi, konsumsi, serta biaya gelaran budaya. Kendati demikian, pihak TSU tidak menanggung biaya tiket pesawat ke sana.

"Kami juga harus mempersiapkan biaya tiket pesawat yang harganya mencapai puluhan juta," ungkapnya.

Untuk memenuhi biaya yang cukup besar, kelima mahasiswa ITS tersebut sudah mencoba melayangkan proposal pendanaan ke berbagai instansi, mulai dari pendidikan, perusahaan, hingga pemerintahan. Hal ini mereka lakukan lantaran kelimanya percaya bahwa usaha tersebut akan sebanding dengan pengalaman yang akan mereka dapatkan.

"Melalui program ini saya ingin meningkatkan pemahaman terkait teknologi informasi bidang geodesi," ujar mahasiswa lainnya, Hanna.

Sedangkan dua penerima beasiswa lainnya, Eka dan Asti menjelaskan, ingin mendalami IT, terutama start up untuk mengembangkan pemasaran produk yang sedang dirintisnya saat ini.

"Dengan mengikuti progam ini, saya ingin menambah pengetahuan dan pengalaman," tukas Asti yang juga alumnus program Delightfull Istanbul tersebut. (ira)

(rfa)

 

Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/01/18/65/1290814/lima-mahasiswa-its-kuliah-gratis-di-rusia

Berita Terkait