ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
29 Februari 2016, 15:02

Tim Mahasiswa Indonesia Siap Bertanding di SEM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Indonesia akan menjadi negara yang mengirimkan tim mahasiwa terbanyak kedua pada event ini setelah tuan rumah Filipina yang mengirimkan 28 tim mahasiswanya. Mereka akan menjadi bagian dari lebih 100 mahasiswa dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika yang hadir pada ajang bergengsi ini.

Shell Eco-marathon Asia Manila 2016 akan menjadi ajang Shell Eco-marathon Asia ketiga yang berlangsung di sirkuit jalanan yang didesain secara khusus di kota Manila, Filipina. Shell Eco-marathon Asia adalah wujud komitmen Shell untuk membantu dunia memenuhi kebutuhan energinya yang terus meningkat melalui kerjasama yang erat dengan para pelajar, mitra dan pihak terkait lainnya.

Pada ajang ini, tim mahasiswa dari 17 negara akan ditantang untuk meningkatkan efisiensi energi di lingkungan perkotaan yang ada di dunia saat ini. Pemenanganya adalah tim yang bisa mencapai jarak terjauh dengan hanya menggunakan satu liter bahan bakar, bukan berdasarkan kecepatan mobil.

Presiden Direktur PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi, Senin (29/2/2016), mengatakan, sebagai perusahaan yang menyediakan energi dalam bentuk bahan bakar dan pelumas, komitmen Shell adalah memenuhi kebutuhan pelanggan di berbagai sektor termasuk sektor transportasi secara berkesinambungan. Namun dengan meningkatnya jumlah kebutuhan energi transportasi global pada tahun 2050 mendatang, maka dunia membutuhkan mobilitas yang lebih hemat energi, ramah lingkungan dan memperhatikan aspek-aspek keselamatan.

"Keikutsertaan mahasiswa Indonesia pada ajang SEM Asia ini menjadi sangat penting karena mereka membantu mengatasi permasalahan dunia dengan menciptakan kendaraaan hemat energi, ramah lingkungan serta memperhatikan aspek keselamatan,"ujarnya.

Pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini, 20 tim mahasiswa Indonesia akan berlaga di pertandingan on track pada kategori kendaraan Prototype dan UrbanConcept serta dalam sub kategori berbagai sumber energi. Tim mahasiswa Indonesia juga akan berlaga di pertandingan off-track yang terdiri dari Communications Award, Shell Helix Tribology Award, Vehicle Design Award, Technical Innovation Award, Safety Award serta Perseverance & Spirit of the Event Award.

Ada 24 On-Track Award yang dikompetisikan pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini dengan hadiah uang senilai USD2.000 untuk pemenang baik di kategori Prototype dan Urban Concept. (nos)

Teks foto :

Tim ITS siap bertanding di Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila Filipina pada 3-6 Maret mendatang

 

Sumber : http://beritasurabaya.net/index_sub.php?category=6&id=15749

Berita Terkait