ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
16 Maret 2017, 08:03

Pupuk Semangat Kewirausahaan Generasi Muda

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

”Saya membawa pesan dari Presiden, yang ingin memajukan pendidikan di Indonesia. Ini merupakan seri kedua dari kegiatan KSP Goes to School. Semangatnya untuk menyemai spirit kewirausahaan kepada generasi muda agar benar-benar bisa mandiri selepas menyelesaikan studi,” kata Deputi III Kepala Staf Kepresidenan bidang Ekonomi, Denni Puspa Purbasari, di Surabaya, Selasa (15/3).

Kantor Staf Presiden bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar kuliah tamu kelas inspirasi ”Entrepreneur Wanted”. Dihadirkan pembicara khusus, yaitu pendiri aplikasi belanja online Tokopedia, William Tanuwijaya, di Gedung Robotika, Kampus ITS Sukolilo. Acara tersebut merupakan rangkaian program Goes to School di sejumlah kota yang berlangsung sejak Februari lalu.

Denni menjelaskan tanpa adanya jumlah pelaku wirausaha yang cukup di Indonesia, berbagai upaya dan program ekonomi pemerintah akan sulit mencapai tujuannya. Sebagus apa pun pemerintah memajukan negara dengan membangun infrastruktur, tapi kalau permintaan kerja terbatas maka sulit akan berhasil. ”Karena entrepreneurship sedikit, maka investasi akan sia-sia. Kita ingin ada balance dalam pembangunan,” tuturnya.

Lebih Terintegrasi

Rektor ITS, Joni Hermana, menyampaikan ITS telah menyiapkan sejumlah langkah untuk membangun jiwa kewirausahawanan para mahasiswa. Bersama dengan Direktur Kemahasiswaan ITS, telah dibuat semacam proses pembenahan entrepreneurship, lebih terintegrasi dengan kurikulum pendidikan. Tahun pertama sampai tahun ke empat, ada tahapan-tahapan yang diberikan pada mahasiswa.

Menurut Joni, ITS bekerja sama dengan Pemkot Surabaya akan mendatangkan para pebisnis digital dunia untuk membagi ilmunya pada para mahasiswa. ”Akhir Agustus nanti, para CEO perusahan besar dari Silicon Valley, AS, akan memberdayakan generasi muda Surabaya dan mahasiswa ITS dalam hal bisnis teknologi informasi dan komunikasi,” kata Joni.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Intan Ahmad, mengatakan pihaknya mengharapkan penelitian yang banyak dilakukan kalangan perguruan tinggi dapat berlanjut pada tahap produksi massal.

Sementara CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengajak para mahasiswa tidak ragu-ragu untuk terjun dalam dunia kewirausahaan. ”Belajar percaya kepada diri sendiri ketika tidak ada yang percaya pada mimpi kita. Cari pemodal yang percaya dengan visi dan mimpi kita,” tuturnya. SB/N-3

 

Sumber : http://www.koran-jakarta.com/pupuk-semangat-kewirausahaan-generasi-muda/

Berita Terkait