ITS News

Minggu, 01 September 2024
12 November 2017, 14:11

Juara Satu Berkat Desain Paus dan Hiu

Oleh : gol | | Source : -

Kabar membanggakan kali ini datang dari tiga mahasiswa Departemen Desain Produk Industri. Mereka berhasil memboyong tiga juara sekaligus pada ajang Indonesia Footwear Creative Competition (IFCC) oleh Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI). Prestasi tersebut diraih berkat inovasi desain sepatu sport dan sepatu fashion pria kreasi mereka.

Ketiga mahasiswa itu diantaranya Fajar Satria Wicaksana sebagai pemenang juara satu kategori sepatu sport dan Sayyaf Muhammad Nafis sebagai juara tiga dalam kategori sepatu sport. Selanjutnya Binsar Singgih Priandika juara tiga untuk kategori fashion pria.

Fajar menjelaskan, kemenangannya ini karena ia menghadirkan inovasi unik pada desain sepatu sport-nya. IFCC 2017 mengangkat tema budaya Indonesia, umumnya para peserta membuat desain batik maupun maskot daerah. “Agar berbeda dengan yang lain saya memilih desain fauna,” tutur Fajar mengklaim keunikan sepatunya.

Pemilihan desain fauna tersebut bukanlah tanpa sebab. Hal itu berangkat dari pemikiran Fajar akan kelangkaan beberapa fauna di Indonesia, utamanya hiu dan paus. “Saya ingin menyampaikan pesan agar semua turut melestarikan hiu dan paus lewat desain sepatu,” ujarnya.

Tak hanya itu, hiu dan paus dipilih sebagai desain sepatu karena memiliki bentuk morfologi yang menarik. “Sehingga bentuknya lebih mudah untuk dibuat seindah mungkin pada desain,” ujar pria yang bermimpi menjadi desainer sepatu tersebut.

Meski begitu, sepatu sport karya Fajar ini awalnya masih memiliki kelemahan pada bahan yang kurang terjangkau. “Saya menggunakan bahan-bahan impor seperti neoprene dibagian sisi atas sepatu,” ulasnya. Sedangkan untuk memproduksinya harus dalam skala besar yakni minimal sebanyak 500 pasang sepatu.

Sebagai solusinya, pihak IFCC telah memodifikasi bahan yang digunakan pada rancangan sepatu buatan Fajar tersebut. “Hasil akhirnya ternyata sepatu sport ini bisa diproduksi dalam skala kecil,” ungkap mahasiswa angkatan 2015 tersebut.

Sementara itu, untuk kategori lainnya, Sayyaf Muhammad Nafis membuat inovasi Clog Shoes untuk kategori sepatu sport. Selanjutnya sepatu Garuda Sneakers buatan Binsar Singgih Priandika dalam kategori sepatu fashion pria. (cha/dza)

Berita Terkait