ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
28 November 2017, 14:11

PK2M Kenalkan Leadership lewat TOT

Oleh : gol | | Source : -

Muh Haris Novianto S Psi saat sedang memaparkan materi pembekalan Leadership Skills

Kampus ITS, ITS News- Tidak hanya unggul dalam akademik, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga turut memperhatikan soft skill mahasiswa. Bentuk kepedulian ini diwujudkan dengan diselenggarakannya Training Of Trainer Leadership & Teamworker . Kegiatan yang diprakarsai oleh Program Kerja Konseling Mahasiswa (PK2M) ini diikuti oleh delegasi setiap Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) setiap himpunan di ITS di Ruang Ambition, Gedung PK2M. Minggu (26/11).

Training Of Trainer atau TOT merupakan pembekalan mengenai ilmu tentang Leadership dan Teamwork antar mahasiswa. Tujuan dari TOT ialah untuk mengajarkan mahasiswa untuk dapat mengelola kemahasiswaan dengna baik di departemen masing-masing.”Harapanya lewat TOT ini, mahasiswa dapat berbagi ilmu kepada teman di kampus,” ujar Widyastuti, selaku Kepala Sub Direktorat PK2M.

Mahasiswa ITS perlu dibekali ilmu mengenai cara pemetaan sumber daya manusia. “Ada tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam pemetaan yaitu endurance, leadership dan teamwork,” ujarnya.

Muh Haris Novianto S Psi sebagai pemateri pertama memaparkan bahwa leadership skill merupakan salah satu media untuk mengelola sumber daya manusia di departemen masing-masing. Haris, sapaannya, menekankan kepada para peserta untuk menentukan keputusan dengan berfikir rational decision making atau dengan kata lain berfikir rasional dan kritis dalam menentukan sebuah pilihan.

Menurutnya pengaplikasian leadership hanya akan berhasil jika dilakukan praktik langsung. “skill kita akan terlihat berhasil atau tidaknya jika sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari” ujar nya.

Usai acara, ditemui oleh ITS Online Rustini selaku Seksi Konseling dan Kewirausahaan PK2M ITS mengatakan acara TOT ini tahun depan akan diselenggarakan kembali karena pembekalan ini tidak hanya berdampak pada PSDM departemen saja, tetapi juga pada mahasiswa pasca kampus.

“Training Of Trainer, seperti Konselling, Coaching akan sangat terasa manfaatnya khussunya bagi mahasiswa yang baru saja lulus, mereka diajarkan untuk bisa bersaing dalam hal kepemimpinan,” ucapnya. (AP04/jel)

 

Berita Terkait