ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
30 November 2017, 16:11

Himpun Peneliti Indonesia Timur Lewat EPI-UNET

Oleh : gol | | Source : -

Kampus ITS Surabaya, ITS News – Dalam serangkaian Dies Natalis 57 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengundang peneliti dari 35 perguruan tinggi di Indonesia Timur. ITS membangun keakraban dalam konsorsium Eastern Part of Indonesia University Network (EPI-UNET) demi kemajuan riset di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (29/11).

EPI-UNET Konsorsium adalah kerjasama perguruan tinggi di Indonesia timur dalam bidang riset yang sudah berlangsung selama delapan tahun. Tak hanya riset, ranah kerjasama yang dibangun juga berkembang. Perhimpunan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini juga bekerja sama dalam bidang internasionalisasi dan penjaminan mutu akademik.

Dalam sambutan pembuka, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Prof Dr Adi Soeprijanto mengatakan, EPI-UNET memang dibentuk untuk meningkatkan jumlah penelitian yang ada dengan sumber pendanaan dari ITS. “Kami memiliki resources yang memadai dan kepercayaan perguruan-perguruan tinggi terhadap ITS, membuat kami merasa terpanggil untuk membuka forum riset yang kita danai sepenuhnya,” tuturnya.

Adi menjelaskan, dengan adanya kemajuan teknologi, komunikasi dalam kerjasama riset ini tentu semakin mudah. “Kami memiliki website untuk memudahkan kerjasama dalam hal riset ini. Peneliti dari EPI-UNET dapat bergabung dengan mudah melalui akun di masing-masing perguruan tinggi,” jelasnya.

Pria ini menambahkan, dalam sebuah hubungan, tidak boleh ada perselisihan didalamnya. “Kalau kata anak muda, jangan ada perselingkuhan diantara kita,” ujarnya disusul dengan tawa dalam ruangan.

“EPI-UNET bagaikan payung besar, payung yang mampu menjamin pemerataan pendidikan di Indonesia bagian timur. Melalui kerjasama riset ini, akan menghasilkan publikasi jurnal ilmiah yang semakin banyak. Tentunya hal ini akan melejitkan mutu pendidikan Indonesia,” tandasnya.

Selain itu, Dr Agnes Tuti Rumiati, Sekretaris ITS, turut mengenalkan program smart eco campus yang telah dilakukan oleh ITS. Menurutnya, tujuan pengenalan program ini mengajak anggota EPI-UNET peduli terhadap kebersihan dan keberlangsungan lingkungan yang hijau guna menyediakan lingkungan belajar yang nyaman bagi mahasiswa.

“Mari berbenah bersama, kalau bisa berbareng untuk membenahi kampus, Ayo kita lakukan bersama,” ujar Tuti sapaan akrabnya. (nov/AP15/dza)

Berita Terkait