ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
04 Desember 2017, 03:12

 Berani Berkompetisi Usai Workshop Oil Rig Design

Oleh : gol | | Source : -

 

Peserta Workshop Merancang Model Oil Rig Bersama-sama

 

Kampus ITS, ITS News – Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menyelenggarakan Workshop Oil Rig Design Competition untuk mempersiapkan anggotaanya  menghadapi ajang  design oil rig. Workshop yang digelar di Gedung NASDEC itu diisi tiga pemateri yang berpengalaman mengikuti sejumlah perlombaan. Minggu (3/12)

Rizal Hidayat Fadel, pembicara workshop, memulai acara dengan membahas desain kilang minyak.  Ia berkata, selain menguasai teori desain kilang minya, peserta lomba juga semestinya mengetahui latar belakang setiap juri. “Setiap juri mempunyai karakter sendiri, baik di bidang struktur, atau di bidang safety. Jika sudah mengenal latar belakangnya, pertanyaan mereka dapat diterka,” ujar Project Officer Petrolida 2018 tersebut.

Selain Fadel, ada juga Muhammad Arief, mahasiswa Teknik Kelautan, yang menyampaikan materi desain oil rig dengan software. Salah satunya adalah Sketch Up. Tak lupa, ia jua membagikan tips dan trik penggunaan dan pemodifikasian template. Tak dinyana, banyak peserta yang langsung mencoba mengoperasikan Sketch Up disela sela waktu istirahat.

Untuk  melengkapi workshop tersebut, Badan Semi Otonom (BSO) Offshore Oil Rig Club Teknik Kelautan turut menghadirkan Claudya Albertina, mahasiswi Design Interior ITS. Selama workshop tersebut,  Claudya berbagi pengetahuan tentang pemodelan Oil Rig dengan maket. Menurutnya, maket yang digunakan untuk design Oil Rig mempunyai perbedaan, dimana maket tersebut harus tahan air, stabil, dan kuat diberi beban.

Rifqiyyatun Nafisah, mengaku sangat bersemangat mengikuti workshop karena kedepannya ia berencana mengikuti lomba desain kilang minyak. “Selain mendapat materi dan ilmu saya berkesempatan melatih kepercayaan diri dan berbahasa Inggris,” ujarnya.

Senada dengan Rifqiyyatun, Fadly Bosni Badarudin, ketua BSO Offshore Oil Rig Club berharap peserta workshop ini semakin dipersiapkan mengikuti  lomba-lomba design Oil Rig. “Semoga dari acara ini mahasiswa ITS semakin siap mengikuti lomba baik di ITS sendiri atau universitas lain skala local dan internasional,” pungkasnya. (AP20/ven).

 

Berita Terkait