ITS News

Minggu, 01 September 2024
31 Desember 2017, 05:12

Menjaga Tali Persaudaraan Ala Rektor ITS

Oleh : gol | | Source : -

Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES hadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kelurahan Gebang Putih

Surabaya, ITS News – Ikut serta dalam perayaan salah satu hari besar bersama masyarakat biasa merupakan contoh kecil dari merakyatnya seorang pemimpin. Tak terkecuali Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD. Dirinya menyempatkan hadir dalam peringatan Mulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh masyarakat kelurahan Gebang Putih, Surabaya pada Senin, (25/12).

Melihat ada kesempatan untuk bercengkrama dengan masyarakat sekitar kampus ITS, lelaki yang akrab disapa Joni ini seperti enggan untuk melewatkannya. Ia terlihat hadir di sela-sela orang yang berkumpul dalam acara khitanan masal, yang menjadi rangkaian acara peringatan Maulid Nabi tersebut. Menurut pengakuannya, sebenarnya ini merupakan kali ketiganya dia diundang dalam acara seperti ini. “Dalam dua kesempatan terdahulu saya sedang dinas di luar, sehingga diwakilkan oleh yang lain,” ungkapnya.

Bagi Guru Besar Departemen Teknil Lingkungan ITS ini, salah satu cara menjaga tali silahturahmi dengan masyarakat sekitar kampus ITS adalah dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatannya. Hubungan yang baik ini ia percayai bisa membawa energi positif untuk kedua belah pihak, terutama ITS. Sebab hadirnya ITS di tengah-tengah masyarakat, sangatlah membutuhkan peran serta masyarakat. Seperti dalam hal menjaga lingkungan, keamanan, dan juga memberikan pelayanan untuk mahasiswa ITS yang tinggal di lingkungan mereka.

Dan dari keikutsertaan Rektor ITS tersebut dalam rangkaian acara peringatan Maulid Nabi di Gebang Putih, ia menjadi lebih paham akan kondisi dan budaya masyarakat sekitar ITS. Sehingga menurutnya hal itu harus disikapi ITS dengan berusaha lebih keras dalam menyesuaikan diri. “Adat dan budaya setempat harus menjadi perhatian, agar ITS tidak seolah-olah menara gading yang cuma memikirkan dirinya sendiri,” tangkasnya. Hal tersebut didukung dengan fakta, bahwa masyarakat inilah yang sebenarnya  paling dekat dengan kampus ITS secara fisik.

Setelah mengikuti acara tersebut dirinya berharap dan mengingatkan agar hubungan baik ini tetap terjaga, sebab ITS juga besar karena masyarakat sekitar. Sebaliknya ITS juga memberikan kesempatan untuk pengembangan usaha dari masyarakat sekitarnya. “Insyaallah hal ini akan terus berlangsung, perlu dijaga sebab mereka adalah tetangga terdekat kita,” tutupnya. (yok/hil)

Berita Terkait