ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
07 Januari 2018, 09:01

Mahasiswa ITS Menang Tender di UNS

Oleh : gol | | Source : -

Surabaya-ITS News, Kembali Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)  menuai prestasi skala nasional. Kali ini  tiga mahasiswa Diploma Sipil ini berhasil menyabet juara dua dalam lomba simulasi tender sebuah proyek pada ajang Tender Fondasi Day yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (4/11/17). Adapun proyek yang dijadikan bahan dalam tender itu sendiri adalah gedung laboratorium fakultas pertanian UNS.

Tim CT-Bima Karya yang terdiri dari Zen (kiri), Yuda, dan Dimas berfoto bersama setelah lomba Tender Fondasi Day di UNS

Tim yang diberi nama CT-Bimakarya  diketuai oleh Erfandi Zen Variamen dan dua anggotanya, yakni Yuda Nirwan, dan Dimas Yudhistira.  Latar belakang tim CT-Bimakarya mengikuti lomba ini ialah ketiganta memiliki ketertarikan yang sama terhadap lomba yang bertemakan estimasi dan schedule proyek. Selain itu, Zen, nama sapaan ketua tim menjelaskan Ia  ingin membandingkan sistem lomba yang ada disana dengan D’Village (Big Event Himpunan Mahasiswa Diploma Sipil (HMDS) ITS, red).

Pada lomba kali ini, setiap tim diminta untuk menghitung rancangan anggaran biaya dan menentukan jadwal metode pelaksanaan proyek tersebut. “Tim yang memiliki biaya dan waktu realistik yang maju ke babak final,” papar  Zen

Adapun dalam pembagian tugasnya disesuaikan dengan keahlian masing-masing. Zen bertugas dalam perhitungan arsitektur, Yuda dibagian perhitungan struktur bangunan dan Dimas bagian penyusunan laporannya.

Diakui oleh Zen tantangan yang dihaadapi dalam lomba ini ialah karena ilmu terkait tender masih sangat kurang karena baru akan diajarkan semester tujuh. “Belum lagi belum ada mahasiswa diploma yang ikut lomba serupa. Tidak ada teman untuk bertukar pikir,” jelas Ketua HMDS tersebut .

Walaupun begitu, Zen mengaku merasa puas atas usahanya selama ini . Zen juga membocorkan kunci sukses untuk menang tender yaitu berdoa dan berusaha berkali – kali. “Intinya dicoba terus, sering -sering ikut lomba tender. Sekarang baru terasa hasilnya ketika sudah benar-benar berhasil”, tungkasnya. (bel/jel)

Berita Terkait