ITS News

Minggu, 01 September 2024
05 Februari 2018, 18:02

EPW 2018, Ajak Generasi Muda Membangun Lewat Teknologi

Oleh : gol | | Source : -

Pameran maket para peserta lomba SNOW

Surabaya, ITS News Departemen Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mengadakan perhelatan terbesarnya yakni Engineering Physics Week (EPW) 2018. Bertempat di Gedung Sihola, kegiatan ini mengusung tema Engage Youth Capability to Empower Millennials Against the Future selama dua hari mulai Sabtu(3/2).

Berbeda dengan tahun lalu, EPW 2018 kali ini mengambil lokasi di luar Kampus ITS, yakni di Jalan Tunjungan Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah bagi pelajar dan masyarakat untuk menggali potensi diri generasi muda Indonesia dengan mengedepankan semangat dalam dunia teknologi dan sains untuk pembangunan dunia industri.

Dalam acara ini terdapat 4 rangkaian kegiatan yaitu Smart Innovation of Writing (SNOW), Engineering Physics Challenge (EPC), lomba fotografi (SNAPSHOT), dan EPW on Talk (EOT).

SNOW sendiri merupakan kegiatan yang memberi kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dan mahasiswa untuk menyalurkan ide kreatif dan solutif mereka dalam wujud karya tulis ilmiah. Tema yang dipilih untuk kompetisi ini adalah Utilize Your Knowledge For Our Better Nation.

Sedangkan EPC merupakan ajang olimpiade tahunan tingkat nasional khusus bagi siswa SMA/sederajat yang bertujuan untuk mengasah kemampuan dalam bidang ilmu fisika dan keteknikan. Dalam kegiatan ini para peserta juga dikenalkan berbagai instrumen laboratorium yang ada di Departemen Teknik Fisika ITS.

Selain kedua lomba tersebut, dalam EPW 2018 juga diadakan lomba fotografi yang diberi nama SNAPSHOT. Mengangkat tema Kebersamaan Pada Generasi Muda, para peserta ditantang untuk menerjemahkan makna kebersamaan dalam bentuk foto. Lima puluh foto terbaik pada kompetisi ini dipamerkan pada penutupan EPW 2018.

Kegiatan yang terakhir adalah EoT. Seminar ini membahas mengenai Internet of Things dengan menggandeng pembicara terkemuka yakni Ir Herry Abdul Aziz M Eng selaku Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika, Norman Sasono selaku Co-founder dan CTO at Bizzy.co.id, dan Aji Ngumboro selaku Direktur Utama PT Hutama Maju Mandiri.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masing-masing elemen yang terlibat dalam EPW 2018 dapat mengetahui dan menunjukkan kompetensi dirinya masing-masing” tutur Nesa Syofar Zahaf Mainggak, ketua panitia EPW 2018. (Jun/gol)

Berita Terkait