ITS News

Minggu, 01 September 2024
26 Februari 2018, 16:02

Mentoring Utamakan Pembentukan karakter Mahasiswa

Oleh : gol | | Source : -

Prof Ir Sutardi M Eng Ph D memberikan materi pada Grand Opening Mentoring

Kampus ITS, ITS NEWS – Kegiatan mentoring di semester genap tahun 2018 resmi dibuka dalam acara Grand Opening Mentoring (GOM). Bertempat di Masjid Manarul Ilmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, kegiatan tersebut menekankan pembinaan karakter dan akhlakul karimah (akhlak yang mulia, red) bagi mahasiswa. (25/2)

Kegiatan mentoring sendiri merupkan tindak lanjut dari Training Spiritual yang dilakukan saat awal menjadi mahasiswa baru ITS Surabaya. Mentoring sekaligus sebagai pendamping mata kuliah Agama Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter agama yang islami bagi mahasiswa.

Acara pembukaan mentoring ini dihadiri oleh Prof Dr Ir Heru Setyawan M Eng, Dr Darmaji S Si MT, Ir Muhammad Faqih MSA Ph D, Prof Ir Sutardi M Eng Ph D, dan beberapa dosen pengampu mata kuliah Agama Islam. Dalam sambutannya Dr Darmaji S Si MT mengatakan bahwa karakter mengerucut pada interpersonal skill atau kemampuan  berinteraksi sosial.

Dalam hal ini karakter menjadi penting dalam beradaptasi dengan dosen, karyawan, maupun sesama mahasiswa. “Selain peningkatan karakter,mentoring juga berusaha memunculkan komitmen dan kesadaran mencari ilmu,” ujar dosen departemen matematika its ini.

Hal senada juga diutarakan oleh Prof Dr Ir Heru Setyawan M Eng. Beliau mengungkapkan bahwa disamping memiliki kompetensi yang baik mahasiswa juga harus memiliki karakter yang baik pula. “Seorang muslim harus terus belajar bertingkah laku dalam kehidupan termasuk ketika sudah sukses,” tutur Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ini. (jun/gol)

Berita Terkait