ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
26 April 2018, 12:04

Glory Kartini Antarkan Mahasiswa ITS Raih Juara Pertama

Oleh : itsmis | | Source : -

The Brave, karya visual merchandising dari Mahasiswa Desain Interior ITS yang juara di Kompetisi Bharatika.

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tidak melulu soal teknologi. Seorang mahasiswa Desain Interior ITS berhasil menjadi jawara kompetisi desain Bharatika 2018, gelaran Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra. Melalui konsep Glory Kartini, mahasiswa ini menang dalam kategori Visual Merchandising, Selasa (24/4).

Konsep yang digawangi Fiditya Daisy Charisma Aulia ini dilatarbelakangi cita-cita untuk membuat calon pembeli mampu memaknai kekuatan wanita Indonesia bagi dunia. “Saya mau menunjukkan bahwa wanita Indonesia mampu berkembang dengan semangat gelora kartini,” ujar wanita yang akrab disapa Dite ini.

Dalam kompetisi ini, Dite membuat display toko berbentuk karya tiga dimensi yang akan diletakkan di depan toko. Pada desainnya, terdapat dua wanita berbaju kebaya yang duduk dan berdiri di atas bola dunia. “Kebaya merepresentasikan Indonesia. Ini berarti wanita Indonesia mampu bersaing secara global,” imbuhnya.

Material yang digunakan kebanyakan berwarna hitam dan emas. “Seperti yang kita tahu, perpaduan warna hitam dan emas identik dengan kesan elegan, karena desain ini juga diperuntukkan pada toko kebaya untuk kalangan menengah atas,” lanjut Dite.

Untuk tata pencahayannya, Dite memilih satu bola lampu besar di atas maneken wanita dan juga lampu LED Stripe di beberapa bagian. “Lampu besarnya sengaja hanya diletakkan di atas, dan yang bawah hanya lampu LED Tripe, maunya ada kesan habis gelap terbitlah terang seperti kehadiran R.A. Kartini di Indonesia,” jelas mahasiswa yang kini menginjak tahun keempatnya itu.

Ketika ditanya soal hambatan, Dite mengaku tak menemukan hambatan yang berarti. “Tidak ada hambatan, malah ini saya mengerjakannya satu hari sebelum pengumpulan,” akunya sembari tertawa. Beruntung karena karya ini berhasil menarik perhatian juri dan akhirnya menyabet juara di Bharatika 2018. (id/gol)

Berita Terkait