ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
29 April 2018, 08:04

Mahasiswa ITS Ciptakan Desain Lobi Gaya Amerika-Indonesia

Oleh : itsmis | | Source : -

Desain Lobby Bergaya American Classic Milik Rizka Adyarini.

Kampus ITS, ITS News – Mengenyam pendidikan di kampus teknologi tak membatasi mahasiswa ITS untuk berprestasi di bidang seni. Melalui festival desain Bharatika 2018 gelaran Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggondol juara pertama dalam kategori desain interior, Minggu, (8/4).

Adalah Rizka Adyarini dari Departemen Desain Interior yang merancang desain lobi untuk Gedung Apartemen Belleview the Signature yang merupakan salah satu persembahan dari PT. Bumi Sinar Mas.

Dengan tajuk American Classic, lobi yang merupakan wajah dari apartemen dirancang Rizka dengan desain yang nyaman dan menarik. “Desain dengan gaya American Classic banyak dipengaruhi oleh gaya Eropa, sehingga saya menggunakan warna-warna elegan seperti coklat, emas, dan ivory white,” tutur Rizka bersemangat.

Dalam susunannya, area resepsionis berada tepat setelah pintu masuk untuk menyambut kedatangan tamu. Uniknya, Rizka menambahkan grand piano dan tungku perapian untuk lebih mendukung tema. “Untuk unsur Indonesianya, saya menggunakan motif batik yang telah ditransformasikan di beberapa tempat,” tambahnya.

Grand Piano dan Tungku Perapian pada Desain Lobby Bergaya American Classic Milik Rizka Adyarini.

Selain itu, pencahayaan juga tak luput dari desain milik Rizka. “Saya menggunakan lampu hiasan gantung saat hari mulai gelap. Juga terdapat lampu di dinding untuk penerangan ruangan secara maksimal,” ujar Rizka. Selain itu, sumber cahaya lainnya juga berasal dari jendela yang besar dan penggunaan lampu LED Strip untuk mendukung green/eco desain.

Ketika ditanya soal desain kontestan lain, universitas tuan rumah, Petra menarik perhatian Rizka. “Menurutku idenya bagus. Mereka seperti membawa nuansa alam ke tengah kota surabaya,” ungkap mahasiswa yang menginjak tahun keempatnya itu.

“Banyak karya lain yang lebih warna-warni, namun saya mikirnya karena akan direalisasikan, saya cari aman,” ujar Rizka. Walau begitu, desain usungannya akhirnya mengantarkan Rizka mendapat juara pertama. “Alhamdulillah bisa menang, gak nyangka dan sangat menambah pengalaman,” pungkas Rizka. (id/qi)

Rizka Saat Menerima Penghargaan di Bharatika 2018.

Berita Terkait