ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
03 Mei 2018, 09:05

Regulasi dan Lapangan Tidak Sama, Ini Kendala Tim ITS

Oleh : itsmis | | Source : -

Robot sepak bola milik ITS, Ichiro tampak kesulitan mengenali lapangan.

Malang, ITS News – Ajang menjajal arena atau biasa disebut running test Kompetisi Robot Indonesia (KRI) dilaksanakan pada hari pertama perhelatan, Rabu, (2/5) di Graha Politeknik Negeri Malang. Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengalami beberapa kendala, yakni kondisi lapangan yang tidak sesuai dengan regulasi awal dari panitia.

Perbedaan antara regulasi dan lapangan ini begitu terasa bagi Tim Ichiro ITS. Tim yang bertandang dalam divisi Kompetisi Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid ini begitu kesulitan untuk menendang bola di atas rumput sintesis tersebut. Ketiga robot yang sudah dirancang dengan baik ini tidak mampu membedakan warna putih dari bola dengan warna putih dari garis batas lapangan.

Setelah dua kali menjalani running test, Robot Ichiro tidak kunjung paham lapangan. Wasit divisi ini menduga, warna putih pada garis lapangan kurang begitu menyala. Rata-rata robot humanoid cenderung bergerak tidak tentu arah.

Selain Ichiro, Abinara-I yaitu wakil ITS dalam divisi Kompetisi Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) juga mengalami kendala karena perbedaan regulasi ini. Harits Surya Budhiarso, Ketua Tim Abinara-I mengatakan, tidak ada standar lilin yang digunakan panitia. “Setiap regional, nyala lilinnya berbeda,” ungkap Harits.

Harits mengatakan, kendala ini tidak hanya dirasakan oleh Abinara-I, banyak pula peserta yang gagal memadamkan api karena lilin yang terlalu padam. Tidak adanya regulasi perihal lilin membuat peserta kebingungan untuk memprogram ulang komputernya menyesuaikan dengan nyala lilin panitia. (nov/jel)

Robot Ichiro ITS bersiaga menendang bola ke gawang.

Berita Terkait