ITS News

Sabtu, 28 September 2024
14 Juli 2018, 07:07

Robot Pemadam Api ITS Abinara-1 Juara 2 KRI 2018

Oleh : itsmis | | Source : -

Tim Abinara-1 saat menerima hadiah.

Yogyakarta, ITS News – Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) turut menymbangkan medali bagi ITS di Kontes Robot Indonesia 2018. Bertanding di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, robot Abinara-1 milik ITS berhasil membawa predikat juara 2 pada Jumat (13/7).

Mengacu pada Trinity College International Robot Contest (TCIRC), dalam divisi ini robot dengan penggerak kaki memiliki misi untuk menemukan dan memadamkan api lilin. Robot tersebut akan menelusuri arena yg berbentuk seperti kamar-kamar atau labirin dimana api akan diletakan secara acak diruangan tertentu. Pertandingan pun berlangsung dalam tiga sesi.

Abinara-1 mampu melalui partai puncak dengan cukup baik setelah berhasil menyelesaikan misi pemadaman sekaligus melaksanakan return trip atau kembali ke posisi awal. Tercatat Abinara-1 berhasil memadamkan api dalam waktu 24,9 detik, 2 detik lebih cepat dibandingkan saat running test. Abinara-1 pun berada di urutan ketiga tepat dibawah Eilero milik apaoliteknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan nilai 1,45 pada sesi pertama.

Abinara-1 menyusuri jalan menuju ke ruangan yang berapi untuk memulai misinya di sesi dua. Memasuki satu ruangan kosong, robot ini pun meneruskan pencariannya dan berhasil memadamkan api ditengah ruangan. Sayangnya robot ini tidak berhasil melakukan return trip, dan berpuas dengan nilai 4,6 yang lagi-lagi berada di bawah Eilero. “Ada masalah pada sensor menghindarnya dan robot tersangkut furniture berwarna kuning,” jelas Harist Surya Budhiarso.

Akhirnya Abinara harus mengahdapi sesi ketiga dengan misi naik dua peringkat guna mencapai posisi pertama. Gerakan meyakinkan nampak dilakukan oleh Abinara-1, dengan cepat ia berhasil menghindari rintangan yang berupa boneka kucing dan mematikan lilin yang berada di dalam ruangan. Sayanganya lagi-lagi Abinara-1 tak bisa melakukan return trip usai menjatuhkan lilin yang telah dipadamkan. Robot tersebut harus diangkat keluar sisi lapangan dan mengumpulkan nilai sejumlah 1,62 poin dan berpuas diri bertengger di posisi kedua. (hen/mik)

Berita Terkait