ITS News

Sabtu, 28 September 2024
14 Juli 2018, 08:07

Robot ABU ITS River Juara 1 KRAI Nasional

Oleh : itsmis | | Source : -

River saat memastikan kemenangan di partai puncak KRAI.

Yogyakarta, ITS News – Robot River kepunyaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resmi membawa pulang piala bergilir divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). Hasil ini diraih setelah berhasil rong bay dengan waktu 30 detik di partai puncak yang berlangsung di Sportorium Universitas Muhammadiyah, Jumat (13/7).

Bermain di partai puncak, kedua robot River bergerak dengan cepat. Persiapan selama satu menit dimanfaatkannya untuk menjajal arena. Tepat setelah tiga menit perhitungan mundur selesai, robot River lansung beraksi. Robot manual segera meraih shuttlecock dan memberikannya pada robot otomatis yang sudah bersiap di depan ring merah. Tembakan pertama dilakukan dengan sukses dan River berhasil mencetak poin.

Selesai pada baris pertama, robot otomatis seolah tau apa yang harus dilakukan. Ketika robot manual mengambil bola pada ujung lapangan, Si Otomatis yang berukuran lebih besar turut menjauh dari baris pertama dan bersiap di baris kedua. Posisi yang lebih jauh dari ring merah. Menerima shuttlecock kedua robot ini pun melakukan lemparan tanpa keraguan. Lemparan mengenai sasaran dan berhasil menambah poin River.

Dua lemparan berakhir dengan sempurna. Kini memasuki lemparan ketiga, River harus melempar shuttlecock melalui ring tertinggi berwarna kuning. Sangat hati-hati River otomatis bersiap di depan ring. Usai menerima Shuttlecock, robot ini langsung mengambil ancang-ancang untuk melempar tepat pada target.

Ketegangan mulai terasa karena lemparan ini adalah bagian paling penentuan. Beruntung, lemparan terakhir River berbuah rong bay pada detik ke 30 dan seluruh tim sontak bersorak melepas kelegaan. Dengan hasil ini, River dinyatakan sebagai juara pertama serta berkesempatan mewakili Indonesia pada ABU Robocon 2018 di Ninh Binh, Vietnam.

Ditemui usai pertandingan, Edo Kusuma dan teman-temannya tidak bisa menyebunyikan raut kebahagiaan. Pepatah lama ‘usaha keras tidak pernah mengkhianati hasil’ yang diykini oleh mereka benar-benar menjadi kenyataan usai River berhasil bertengger di puncak pertandingan dan menyabet gelar juara. “Ini benar-benar hasil dari kerja keras,” ujarnya. (hen/mik)

Berita Terkait