ITS News

Jumat, 27 September 2024
18 Juli 2018, 03:07

ITS Tuan Rumah Gemastik 2018

Oleh : itsmis | | Source : -

Lansekap Kampus ITS dari sudut Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK). Tahun 2018, ITS menjadi tuan rumah Pagelaran Mahasiswa di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik).

Kampus ITS, ITS News – Ajang bergengsi bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) yaitu Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi kesebelas (Gemastik 11) tahun ini akan diadakan di kampus pahlawan. Terpilih menjadi tuan rumah, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya siap beri yang terbaik untuk pelaksanaan sekaligus prestasinya. Rencananya, kompetisi antar mahasiswa se-Indonesia ini akan berlangsung tiga hari di Graha Sepuluh Nopember mulai Kamis (27/9).

Ketua Pelaksana Gemastik 11, Dr Agus Zainal Arifin S Kom M Kom menjelaskan, terdapat sepuluh kategori perlombaan dalam Gemastik 11. Kategori yang dilombakan meliputi Animasi, Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi, Kota Cerdas (Smart City), Pemrograman, Penambangan Data (Data Mining), Pengembangan Aplikasi Permainan (Games Development), Pengembangan Bisnis TIK, Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Piranti Cerdas, Sistem Benam dan Internet of Thing (IoT).

Agus menjelaskan, setiap kategori lomba akan ditangani oleh departemen yang mumpuni di bidangnya.“Contohnya kategori Animasi, akan ditangani oleh Departemen Desain Produk, kategori Piranti Cerdas, Sistem Benam, dan IoT ditangani Departemen Teknik Elektro dan Teknik Fisika, dan seterusnya,” papar Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) ITS itu.

Sebagai tuan rumah, ITS juga secara langsung membuat website khusus untuk Gemastik 11, yakni arek.its.ac.id/gemastik. Website ini sudah di kerjakan sejak tiga bulan lalu oleh mahasiswa Departemen Informatika ITS. Website ini berisi seluruh konten perihal Gemastik, baik informasi tentang lomba, pendaftaran, peraturan, dan jadwal pelaksanaannya.

Agus menuturkan, pendaftaran Gemastik 11 telah dibuka sejak Selasa, (16/7) dan akan berakhir satu minggu setelahnya. Terdapat dua kali tahap penyisihan untuk kemudian diambil sepuluh finalis yang akan berkompetisi secara langsung di ITS. “Secara regulasi tidak ada yang berbeda dengan tahun lalu. Kegiatannya tidak hanya lomba saja tetapi juga seminar TIK,” ungkapnya.

Tidak hanya bertanggung jawab dalam pelaksanaan lomba, departemen yang ditunjuk juga harus menyiapkan mahasiswanya agar turut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Agus berharap, ITS memiliki perwakilan dari setiap kategori. “Berdiri sebagai kampus teknologi terbaik, ITS tidak ingin tampil mengecewakan saat menjadi tuan rumah pelaksana Gemastik 11 nanti,” terangnya.

Dekan Fakultas Teknologi, Informasi, dan Komunikasi, mengatakan target ITS tahun ini ialah sukses sebagai panitia dan sukses meraih juara umum. “Tidak usah jauh-jauh, trofi Samakbya Padhesa Widya tahun ini jatuh kepelukan tuan rumah saja,” tutupnya. (nov/jel)

Berita Terkait