ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Workshop Computer Dihadiri Peserta se-Jawa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk mengoptimalkan penggunaaan komputer, Divisi Usaha BEM FTI mengajak PC Plus mengadakan pelatihan komputer. Pelatihan yang dibagi dalam tiga gelombang ini berlangsung Sabtu (26/2) dan Minggu (27/2) kemarin. Sebanyak 150 peserta berpartisipasi dalam acara yang bertempat di ruang Pasca Sarjana Teknik Industri.

Ketua panitia, Oki Anita Candra, mengatakan, antusiasme peserta terhadap acara ini sangat besar. Beberapa pendaftar terpaksa ditolak karena kapasitas yang tidak memenuhi. "Apalagi peserta yang hadir ini ada yang dari Jakarta, Cirebon, Jogja dan Blitar," ujarnya menegaskan.

Hari pertama (26/2), 88 peserta dibekali dengan cara merakit sampai menyalakan program komputer. Mereka belajar merangkai komputer dari awal. "Semua komponennya dilepas, itulah yang akan dirakit nantinya," ujar Oki, mahasiswi Teknik Industri angkatan 2003 ini.

Peralatan yang dibutuhkan dalam merakit komputer adalah satu set obeng, pinset dan gelang logam anti statis yang ditanahkan. Gelang ini dipakai di tangan untuk menghilangkan listrik statis. Karena barang elektronik (termasuk komponen komputer) sensitif terhadap segala jenis gangguan yang bersifat elektrik.

Sedangkan Optimasi Windows XP dilakukan pada hari berikutnya (27/2) kepada 24 peserta lain. Ditanya alasannya lebih memilih Windows XP dibanding Linux. Oki memaparkan, kebanyakan perusahaan masih memakai program Windows XP. Sedangkan untuk Linux masih belum banyak yang tahu dasarnya karena masih baru.

Untuk pelatihan windows ini, peserta diajari tentang optimasi PC (Personal Computer) serta mengoptimalkan kinerja PC dengan software yang tersedia. "Saat ini ada dua cara yaitu manual dan software," terang Oki. Metode manual dengan menggunakan program yang sudah ada. Sedangkan software dengan mengembangkannya.

Gelombang terakhir berupa pelatihan web design yang diikuti 48 peserta. "Kami menggunakan software dreamweaver dan imageready untuk pelatihan web," tandasnya seraya mengakhiri penjeasannya.(th@/rin)

Berita Terkait