ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
19 Juli 2018, 02:07

Belajar Fisika Jadi Menarik Bersama PhET

Oleh : itsmis | | Source : -

Tim Physics is fun memberikan sosialisasi kepada siswa MAN Surabaya.

Kampus ITS, ITS News – Ilmu Fisika memiliki peranan yang sangat besar dan dapat diterapkan di berbagai bidang. Pandangan yang terbentuk mengenai Fisika yang sulit dipahami dan cenderung membosankan merupakan dampak dari metode pengajaran yang kurang tepat.  Oleh karena itu, lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan program “Physics is Fun” dengan aplikasi PhET, Senin (16/7).

Lima mahasiswa tersebut adalah Kartika Dwi Yuniavita Rahmawati, Reyhan Fajar Zakaria, Ikhlasul Amal Rianto, Muhammad Ainul Yaqin, dan Avenzoar Zufar Qisthauzan. Physics is Fun sendiri merupakan program penyuluhan media pembelajaran Fisika menggunakan media animasi bernama PhET.

Physics Education Technology (PhET) adalah sebuah program simulasi interaktif yang menyediakan simulasi pembelajaran fisika, kimia, ilmu kebumian dan matematika. PhET termasuk salah satu jenis laboratorium visual yang mendistribusikan simulasinya di bawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0 dan lisensi Creative Commons GNU General Public yang dikembangkan oleh Universitas Colorado di Boulder, Amerika.

“Dari data Kemendikbud, rata-rata nilai UN Fisika SMA/MA pada tahun 2017 adalah 30,11. Nilai tersebut merupakan nilai terendah dari rata-rata nilai mata pelajaran yang lain,” ujar Muhammad Ainul Yaqin, salah satu anggota ketika ditayai mengenai latar belakang terciptanya program penyuluhan tersebut.

Tim yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini berkerjasama dengan MAN Surabaya sebagai mitranya. “MAN Surabaya memiliki banyak prestasi dalam berbagai perlombaan. Namun menurut pihak sekolah, untuk perlombaan di bidang olimpiade khusunya mengenai Fisika masih sangat kurang,” ujar pria yang akrab disapa Yaqin itu.

Metode pelaksanaan Physics is Fun dilakukan dari pengumpulan data dan informasi hingga evaluasi program. “Awalnya kami memperkenalkan PhET ke pihak guru, lalu akan dilakukan ujian singkat sebelum diterapkannya PhET. Kemudian Penerapan Media PhET Kepada Siswa dan dilakukan Post Test,” imbuh yaqin.

Melalui program Physics is Fun ini, Yaqin dan tim berharap agar Siswa MAN Surabaya dapat meningkatkan nilai Fisikanya. “Kami juga berharap agar siswa MAN Surabaya dapat mencetak prestasi olimpiade Fisika lewat program ini, dan juga menjadi lebih tertarik untuk mempelajari Fisika lebih dalam lagi,” pungkasnya. (id/qi)

Para peserta terlihat antusias mengikuti sosialisasi.

Berita Terkait