ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Segera digelar, Olimpiade Matematika se-Jatim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berbeda dari sebelumnya, tahun ini Olimpiade Matematika yang diadakan Himatika dipusatkan pada empat regional saja dari 24 daerah se-Jawa Timur. Untuk Regional I bertempat di gedung T dan F jurusan Matematika ITS. Wilayahnya mencakup Surabaya, Sidoarjo, Gresik hingga Madiun. Bagi SMA se-Pasuruan, Blitar sampai Kediri dilokasikan di SMAN 8 Malang. Sedangkan daerah selatan seperti Banyuwangi dan sekitarnya, melewati penyisihan di SMAN 1 Jember. Sisanya, Pacitan, Ngawi dan yang lain ditempatkan di SMAN 1 Madiun.

Mengenai peserta, Setyoningsih, ketua kegiatan ini menjelaskan persyaratannya.
Peserta merupakan sebuah tim yang terdiri dari dua orang siswa/siswi SMA. Maksimal setiap sekolah mengirimkan enam timnya. Selain mengisi formulir pendaftaran, mereka juga diharuskan menyertakan fotocopy kartu pelajar, foto 3×4, bukti transfer biaya serta surat keterangan dari sekolah. Nantinya, syarat itu dikirim ke sekretariat Himatika. Namun, persyaratan ini lebih dipermudah. "Paling lambat diserahkan saat lomba, tapi harus daftar dulu," ujar mahasiswa yang akrab dipanggil Nuning ini menegaskan.

Pada babak penyisihan nanti, akan diambil 30 tim terbaik untuk diseleksi lagi. Komposisinya 9, 8, 7 dan 6 dari regional I, II, III, dan IV. Tentang hal ini, Nuning kembali menjelaskan. Kami mengambil referensi jumlah peminat dari data tahun sebelumnya. "Kalau nggak dikuota, pemenang terbanyak dari rayon Surabaya," ungkap mahasiswi Matematika angkatan 2002 ini lagi. Sementara ini, pendaftar hampir seratus tim.

Tentang publikasi, Nuning menjelaskan lebih lanjut. "Berdasarkan data Diknas, kami telah mengirim undangan Olimpiade ini kepada lebih dari 250 SMA se-Jawa Timur," tutur mahasiswi yang berasal dari Mojokerto ini. Dia juga mengatakan tidak ada sponsor untuk kegiatan ini, tapi banyak donatur. Misalnya dari Pemkot Surabaya dan istri walikota. Nantinya, peserta dipungut biaya Rp 30.000 per tim.

Lebih lanjut, dari babak penyisihan akan diambil tiga tim juara. Hadiahnya berupa uang dan trophy rektorat. Untuk keterangan lebih lanjut, Nuning menambahkan untuk menghubungi Makinun (03170200305) atau dia sendiri (081330414997). "Paling lambat sebelum acara digelar," jelasnya.(th@/tov)

Berita Terkait