ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Himatika Gelar Mathematics Goes to School

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tahun 2005, Himatika mengadakan Program Mathematics Goes to School. Kegiatannya diawali dengan briefing ke beberapa SMA. Wilayahnya mencakup Gresik, Surabaya, dan Sidoarjo. Nuning, ketua panitia kegiatan, mengatakan tujuan briefing adalah mensosialisasikan try out dan program tersebut kepada siswa SMA.

Lebih lanjut, mahasiswi kelahiran 1983 ini mengatakan, try out-nya telah dilaksanakan pada Minggu (20/2) lalu secara serentak di tiga kota. Ada tiga tempat juga yang digunakan sebagai tempat yaitu SMAN I Sidoarjo, SMAN I Surabaya, serta SMUN I Gresik. Hasilnya, sebanyak 256 peserta ikut berpartisipasi. Mengenai soal Try Out SPMB, pihaknya menggandeng salah satu LBB ternama untuk diajak kerjasama.

Setelah try out, Himatika melanjutkan dengan kegiatan Olimpiade Matematika se-Jawa Timur dan Math Health. Keduanya dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan. Untuk Olimpiade Matematika, babak penyisihan Minggu (6/3)yang dipusatkan pada empat regional dari 24 daerah se-Jatim. Finalnya akan ditempatkan di jurusan Matematika, Sabtu (12/3) besok.

Sedangkan Math Health digelar selama dua minggu, berakhir Minggu (17/3). Nuning menjelaskan lebih rinci lagi kegiatan ini. Math Health adalah pertandingan olahraga antar SMA se-Surabaya. Jenis yang dilombakan hanya ada dua, Bola Voli dan Basket. "Di lapangan Bumi Moro, sekitar Perak," tutur Nuning saat ditanya tempat pertandingan. Alasan memilih indoor dibanding outdoor, ia kembali menjelaskan. "Kita kan nggak ingin peserta kecewa jika tiba-tiba ada hujan," komentarnya.

Tentang peserta, 16 tim bertanding basket dan 8 tim volley. Hadiah antara pertandingan bola basket dan voli memiliki nominal berbeda. "Selain itu, mereka juga dapat trophy dari rektorat," tambah Nuning. (th@/tov)

Berita Terkait