ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Setelah 5 Tahun, Logic and Programing Competition Diadakan Lagi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setelah cukup lama tidak mengadakan acara berskala luas, jurusan Teknik Informatika akan kembali mengadakan lomba logika dan pemrograman bertajuk Logic and Programming Competition (LPC) pada 7 Maret ini. Acara seperti ini, pernah digelar oleh jurusan Teknik Informatika, tahun 2000 lalu.

LPC terbagi menjadi dua lomba yaitu lomba programing dan lomba logika. Di lomba progaming, peserta akan diuji kemampuannya dalam pemrograman menggunakan bahasa PASCAL. Sementara itu pada lomba logika, tiap tim yang terdiri atas tiga orang diuji kemampuannya dalam bernalar dan memecahkan soal logika.

Untuk pembukaan, pelaksanaan lomba logika, dan penyerahan hadiah, rencananya akan dilakukan di Graha 10 Nopember. Sementara untuk lomba programing akan diadakan di Laboratorium Pemrograman Teknik Informatika.

"Untuk lomba pemrograman ini sengaja menggunakan bahasa PASCAL karena pada umumnya bahasa ini yang umumnya digunakan untuk pelajaran pemrograman di sekolah sekolah" jelas Muhammad Yunus, ketua panitia acara ini.

Minat para siswa SMU terhadap lomba ini cukup besar. Hingga hari Jumat (4/3) kemarin, peserta untuk lomba logika sudah berjumlah 32 tim sementara untuk lomba programing tercatat sudah 30 orang

Pelajar asal Surabaya masih mendominasi daftar peserta sementara. SMU Petra 5 Surabaya misalnya, mengirimkan lima tim untuk lomba logika dan lima orang untuk lomba programing. Beberapa SMU lain di Surabaya seperti SMU St Louis dan SMUN 10 juga mengirimkan lebih dari satu wakilnya. Meski demikian, banyak juga peserta yang berasal dari luar Surabaya. Antara lain Surakarta , Ponorogo, Gresik dan Sampang

Umumnya para peserta dari luar Surabaya mendaftar dengan konfirmasi lewat fax atau telepon, sedangkan pembayarannya lewat bank. Meski demikian, panitia juga memberi kemudahan bagi peserta dari luar daerah untuk membayar saat akan berlangsungnya acara.

Selain mendapat hadiah dan Piala Gubernur , pemenang juga akan mendapat rekomendasi untuk mengikuti pembinaan dari Tim Olimpiade Komputer Indonesia. Lomba LPC ini sendiri direncanakan sebagai bagian dari Lustrum ke-4 Teknik Informatika yang pada 2005 ini genap berusia 20 tahun.(rif/rin)

Berita Terkait